Xendit Dikabarkan Incar Akuisisi Bank Sahabat Sampoerna

Tech - Demis Rizky Gosta, CNBC Indonesia
15 April 2022 15:25
Jakarta

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan fintech penyedia layanan gerbang pembayaran Xendit dikabarkan mengincar kepemilikan mayoritas di Bank Sahabat Sampoerna.

Menurut DailySocial, Xendit berencana secara bertahap membeli saham Bank Sahabat Sampoerna hingga menguasai 51% kepemilikan di bank tersebut. Xendit tidak bersedia untuk berkomentar tentang kabar rencana akuisisi.

Jika benar, aksi korporasi ini memperkuat ekspansi Xendit ke sektor finansial setelah rencana perusahaan untuk memiliki perusahaan multifinance dipublikasikan pada awal pekan ini.


Dalam prospektus di media massa, PT Global Multi Finance memaparkan rencana Xendit untuk mencaplok sebagian besar saham dari perusahaan hasil merger PT Globalindo Multi Finance dan PT Emas Persada Finance.

Rencananya Xendit akan menguasai 85% saham perusahaan hasil merger dan akan memperkuat kas perusahaan tersebut lewat penyetoran modal.

Kabar tentang ambisi Xendit menambah panjang daftar perusahaan teknologi yang masuk ke industri perbankan lewat akuisisi.

Sebelumnya, induk usaha Kredivo, FinAccel telah memiliki mayoritas saham PT Bank Bisnis Internasional Tbk (BBSI). Adapun Akulaku, telah mengoperasikan bisnis bank digital sebagai pemilik PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB).

Xendit, yang berdiri pada 2015, adalah salah satu fintech penyedia gerbang pembayaran online terbesar. Setelah meraih pendanaan US$ 150 juta dalam penggalangan dana Seri C pada akhir tahun lalu, valuasi Xendit diperkirakan menembus US$1 miliar sehingga meraih status unicorn.

Di sisi lain, Bank Sahabat Sampoerna per tahun lalu memiliki modal inti sekitar Rp 2,16 triliun sehingga membutuhkan suntikan modal sekitar Rp 900 miliar untuk memenuhi ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait modal inti minimum.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Bikin Bank Digital? Ini Kata Bos Bank Mandiri


(dem/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading