Jangan Nonton di IndoXXI, Dunia 21, LK21! Ini Alternatifnya

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 April 2022 16:10
Pengunjung membeli tiket saat akan menonton bioskop di CGV Central Park, Jakarta, Kamis (16/9/2021). Pemerintah telah mengumumkan bioskop boleh kembali beroperasi untuk wilayah yang berada di level 2-3 PPKM di wilayah Jawa-Bali maupun luar Jawa-Bali. Pemprov DKI Jakarta hari ini melakukan uji coba pembukaan bioskop selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Uji coba dilakukan di seluruh bioskop di Jakarta. Pembukaan bisokop tersebut harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung yang datang harus menyiapkan aplikasi dan akun PeduliLindungi. Saat akan masuk, ada ketentuan scan QR Code di pintu masuk Platinum, kemudian klik check-in. Begitu pun saat keluar pengunjung harus meng-klik check-out di aplikasi. Selain menggunakan aplikasi PeduliLindung pengunjung yang datang wajib sudah vaksin dua kali, berusia 12 tahun keatas serta maksimal kapasitas 50% tanpa makan dan minum di dalam ruangan. Aturan ini sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1096 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3. Kepgub tersebut ditandatangani Gubernur Anies Baswedan pada 13 September 2021. Di bisokop yang berlokasi di Central Park ini, menayangkan beragam film favorit seperti Black Widow, Shang-Chi, Malignant, The Suicide Squad, Free Guy, Snake Eyes, Space jam, Stillwater, Hard Hit, Escape From Mogadishu, Blackpink : The Movie. Dari pantau di lokasi, pengunjung yang datang untuk menonton masih sepi. Pasa sore hari ini pengunjung yang menonton di dalam studio tidak lebih dari 10 orang. Sebelumnya pada tanggal 5 Juli 2021, bioskop sempat berhenti beroperasi menyesuaikan regulasi PPKM guna menekan jumlah penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Waspada bagi Anda yang masih suka menonton film di situs ilegal seperti IndoXXI, Dunia 21, dan LK21. Karena layanan streaming ilegal tersebut bisa menggerus data dan kantongmu.

Federal Trade Commission (FTC) Amerika Serikat mengungkapkan bahaya mengakses platform streaming film ilegal. Menurut mereka, jika mengunduh salah satu aplikasi atau add-on ilegal, kemungkinan besar Anda juga akan mengunduh (download) malware.

Akibatnya, informasi data informasi penonton bisa dicuri, bahkan hingga ke informasi kartu kredit dan dijual ke hacker lain di dark web.


Malware yang ada di situs ilegal ini juga bisa mencuri kredensial log-in situs berbelanja yang digunakan atau kredensial rekening bank hingga bisa mencuri uang. Terakhir adalah menggunakan komputer korban untuk tindakan kejahatan.

"Mereka bisa mencuri informasi kartu kredit dan menjual ke hacker lain di dark web," ujar Consumer Education Specialist FTC Alvaro Puig, seperti dikutip dari situs FTC, Jumat (15/4/2022).

Di sisi lain, streaming ilegal juga merugikan para kreator karena adanya pelanggaran hak cipta. Para pembuat film tidak bisa mendapatkan pemasukan dari layanan ilegal, padahal membuat sebuah film butuh biaya besar.

Untuk itu, gunakan streaming film legal yang kini sudah banyak tersedia. Berikut di antaranya:

1. Netflix
Salah satu platform layanan streaming populer saat ini. Ada banyak pilihan mulai dari film dan serial beberapa negara termasuk Indonesia dan juga terdapat konten orisinalnya.

Untuk bisa mengaksesnya, kamu bisa berlangganan dengan banyak pilihan paket mulai dari Rp 49 ribu per bulan.

2. Disney+ Hotstar
Disney+ Hotstar menyediakan film dan serial dari Marvel, Disney dan Pixar. Ada juga konten berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Untuk pelanggan Telkomsel, dapat berlangganan Hotstar dengan membeli kuota di-bundling dengan biaya langganan. Aplikasi ini dapat dinikmati dengan berlangganan mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 139 ribu bersama bonus kuota.

3. HBO Go
Terdapat tayangan dari HBO Original, HBO Asia Original, hingga Hollywood dalam HBO Go. Kamu bisa berlangganan senilai Rp 60 ribu per bulan dan penawaran gratis selama 7 hari jika pengguna baru.

4. Viu
Para pecinta drama Korea tentu tidak asing dengan aplikasi ini. Di dalamnya juga ada banyak konten film, variety dan juga konten originalnya.

Pengguna bisa mengaksesnya secara gratis. Namun untuk menambah pengalaman lagi, bisa berlangganan dari Rp 30 ribu perbulan dan Rp 200 ribu setahun.


[Gambas:Video CNBC]

(cap/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading