Jangan Nonton Film di LK21, IndoXXI & Dunia21, Bahaya Datamu!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 February 2022 10:00
Infografis: Ini Dia 14 Situs Nonton Film Online Full Legal, Bye LK21! Foto: Ilustrasi streaming film ilegal (CNBC Indonesia/Arie Pratama)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bahaya mengintai bagi mereka yang kerap menonton konten dari layanan streaming ilegal seperti LK21, IndoXXI dan Dunia21. Ini termasuk mengancam data para penggunanya.

CNBC Indonesia mencatat menonton layanan streaming ilegal tersebut bisa membuat perangkat terancam terinfeksi malware atau virus jahat. Bahkan ada risiko pencurian data peribadi penggunanya.

Streaming ilegal juga merugikan orang lain karena adanya pelanggaran hak cipta. Para pembuat film tidak bisa mendapatkan pemasukan dari layanan ilegal, padahal membuat sebuah film butuh biaya besar.

Federal Trade Commision (FTC) juga sempat menyerukan bahaya mengakses streaming film ilegal.

"Jika kamu mengunduh salah satu aplikasi atau add-on ilegal, kemungkinan besar kamu juga akan mengunduh (download) malware," tulis Alvaro Puig selaku Consumer Education Specialist FTC.

FTC mengungkapkan beberapa bahaya yang dilakukan malware saat mengakses streaming ilegal. Misalnya mencuri informasi kartu kredit dan menjual ke hacker lain di dark web.

Bisa juga mencuri log-in kredential situs berbelanja yang digunakan atau kredensial rekening bank hingga bisa mencuri uang. Terakhir adalah menggunakan komputer korban untuk tindakan kejahatan.

Ada banyak layanan streaming legal yang bisa kamu gunakan saat ini dan jauh lebih aman. Berikut beberapa di antaranya:

1. Netflix
Salah satu platform layanan streaming populer saat ini. Ada banyak pilihan mulai dari film dan serial beberapa negara termasuk Indonesia dan juga terdapat konten originalnya.

Untuk bisa mengaksesnya, kamu bisa berlangganan dengan banyak pilihan paket seperti Rp 49 ribu per bulan.

2. Disney+ Hotstar
Disney+ Hotstar menyediakan film dan serial dari Marvel, Disney dan Pixar. Ada juga konten berasal dari negara lain termasuk Indonesia.

Untuk pelanggan Telkomsel, dapat berlangganan Hotstar dengan membeli kuota dibundling dengan biaya langganan. Selain juga dapat berlangganan dengan MyTelkomsel dari Rp 20 ribu hingga Rp 139 ribu bersama bonus kuota.

3. HBO Go
Terdapat tayangan daari HBO Original, HBO Asia Original, hingga Hollywood dalam HBO Go. Kamu bisa berlangganan senilai Rp 60 ribu per bulan dan penawaran gratis selama 7 hari jika pengguna baru.

4. CatchPlay
Platform ini menawarkan film populer dari Hollywood, Asia dan Indonesia. CatchPlay menawarkan askes gratis 10 film untuk pengguna baru dan bisa juga dengan berlangganan Rp 45 ribu per bulan hingga Rp 270 ribu per 6 bulan untuk menikmati seluruh film.

5. GoPlay
GoPlay menyajikan film dari Indonesia, serial fim serta film Korea, GoPlay original dan konten lain. Layanan dari Gojek ini bisa digunakan dengan membayar langganan senilai Rp 29 ribu per 14 hari atau Rp 45 ribu selama 30 hari. Langganan GoPlay dapat dilakukan lewat menu GoBills.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Nonton Film di IndoXXI, LK21 & Dunia21, Data Dirampok!


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading