Bursa Kripto Indonesia Batal Diluncurkan, Ada Apa Bappebti?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 April 2022 13:05
Ilustrasi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki bulan ke-empat 2022, belum ada tanda-tanda kehadiran Bursa Kripto Indonesia. Padahal wacana soal peluncurannya sudah ada sejak beberapa waktu terakhir.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Tirta Karma Senjaya menjelaskan pihaknya masih memastikan kesiapan sistem bursa. Dengan begitu dapat terintegrasi secara pararel, disamping juga menunggu kesiapan infrastruktur pendukung lain.

"Kami masih sedang memastikan lagi kesiapan sistem di bursa agar terintegrasi paralel sambil menunggu kesiapan infrastruktur pendukung lainnya seperti kliring dan kustodi," kata Tirta, kepada CNBC Indonesia, Senin (11/4/2022).


"Perlindungan bagi nasabah ada nanti arbitrase untuk selesaikan perselisihan dan aduan dan dimungkinkan juga ada asosiasi terkait".

Saat ditanya kapan kesiapan tersebut dan bursa akan resmi diluncurkan, Tirta mengatakan semuanya bergantung dari siapnya entitas tersebut.

"Ya tergantung dari entitas tersebut siapnya," ungkapnya.

Bulan lalu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga juga tak menjawab kapan peluncuran bursa kripto di Indonesia akan dilakukan. Namun saat itu dia memiliki keinginan bisa hadir secepatnya.

Saat itu dia mengatakan jika dimungkinkan bursa bisa diluncurkan pada kuartal satu tahun ini. "Kita secara prinsip ingin secepatnya, kalau bisa di kuartal satu ini," kata Jerry.

Bursa Kripto Untuk Ekosistem Lebih Baik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading