Ini Dia Orang Terkaya di Dunia dari Kripto, Bisa Tebak?

Tech - Tim, CNBC Indonesia
08 April 2022 11:05
Changpeng Zhao, CEO dan Pendiri bursa kripto Binance (REUTERS/Darrin Zammit Lupi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jadi salah satu orang terkaya di dunia karena cryptocurrency (aset kripto) bukan mimpi. Changpeng Zhao jadi bukti hidupnya. Namun ia jadi orang terkaya bukan karena trading atau jadi investor kripto tetapi karena memiliki platform pertukaran kripto Binance.

Forbes menghitung kekayaan Changpeng Zhao di 2022 mencapai US$65 miliar, menyalip harta kekayaan miliki Michael Dell pendiri Dell dan Charles Koch pendiri Koch Industries. Hebatnya lagi dia mengumpulkan kekayaan ini dari nol hingga jadi US$65 miliar hanya dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Binance merupakan platform transaksi kripto terbesar dari sisi transaksi di dunia saat ini. Platform ini sudah beroperasi di lebih dari 180 negara. Valuasinya diperkirakan mencapai US$92,5 miliar.


Binance sendiri terdaftar secara resmi di Cayman Island, sebuah negara tax haven. Changpeng Zhao diperkirakan menguasai paling tidak 70% saham Binance, seperti dikutip dari Forbes, Jumat (8/4/2022).

Changpeng Zhao, CEO dan Pendiri bursa kripto Binance  AP/Foto: Changpeng Zhao, CEO dan Pendiri bursa kripto Binance AP/

Binance sendiri telah menerbitkan koin kripto sendiri bernama BNB. Awalnya BNB digunakan sebagai alat untuk mendapatkan diskon perdagangan, namun kini telah berkembang menjadi cryptocurrency lengkap dengan berbagai penggunaan pembayaran dalam platform.

Binance sendiri juga mempraktekkan proses burning dalam BNB. Ini cara untuk mengontrol jumlah yang beredar sehingga nilainya tidak bergerak liar. CoinMarketCap memperkirakan BNB memiliki kapitalisasi pasar US$73 miliar.

Changpeng Zhao mengakui memegang BNB tetapi tidak jelas berapa jumlah sehingga Forbes tidak menghitung kepemilikan koin kripto ini dalam harta kekayaannya. "Saya tidak benar-benar tahu berapa kekayaan bersih saya. Saya tidak terlalu perduli tentang itu," ujar Changpeng Zhao.

Changpeng Zhao sendiri merupakan seorang programmer yang membangun sendiri kekayaan pribadinya. Ia lahir di Jiangsu, China pada 1977. Tetapi kemudian keluarga pindah ke Kanada karena adanya tekanan politik terhadap ayahnya di Tiongkok.

Sebagai remaja yang hidup di pengasingan, Changpeng Zhao bekerja untuk membantu kehidupan keluarganya. Mulai dari membuka burger di McDonald's dan bekerja paruh waktu di pom bensin. Kemudian Ia menyelesaikan kuliahnya di McGill University di bidang ilmu komputer.

Pada 2013, Changpeng Zhao belajar tentang Bitcoin dari seorang venture capital yang bermain poker dengannya. Ia sempat bekerja untuk proyek kripto tetapi kemudian terpental. Pada 2017 ia mendirikan Binance setelah berhasil mengumpulkan dana US$15 juta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Orang Terkaya di Dunia, Sekaya Apa Dia?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading