Berkat Kripto, 8 Orang Ini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Tech - Intan Rahmayanti Dewi, CNBC Indonesia
21 April 2022 14:20
Infografis, Top Gainers dan Top Losers Kripto Sepekan

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia uang kripto (cryptocurrency) yang booming beberapa tahun terakhir telah menghantarkan segelintir orang dalam daftar orang terkaya di dunia. Forbes mencatat paling tidak ada 19 orang yang masuk daftar orang terkaya di dunia 2022 karena aset digital tersebut.

Hal ini sebenarnya wajar karena aset kripto seperti Bitcoin telah memiliki kapitalisasi pasar hingga US$2 triliun. Makin banyak orang yang mempercayakan dana investasinya pada kripto.

Forbes mencatat tahun 2022 ada tambahan 7 orang dari tahun sebelumnya yang masuk daftar orang terkaya di dunia. Sebagian besar dari mereka masuk dalam daftar orang terkaya di dunia karena mendirikan platform yang memfasilitasi cyrptocurrency dan teknologi Blockchain.


Berikut 8 orang terkaya di dunia karena uang kripto seperti dikutip dari Forbes, Kamis (7/4/2022):

1. Changpeng Zhao

Dia adalah orang terkaya di dunia dari cryptocurrency. Changpeng Zhao merupakan pendiri dari Binance, platform jual-beli aset kripto terbesar di dunia dari sisi transaksi.

Changpeng Zhao diyakini memegang 70% saham Binance. Total kekayaan mencapai US$65 miliar. Changpeng Zhao diyakini memegang sebagian kecil Bitcoin dan BNB, uang kripto buatan Binance.

2. Sam Bankman-Fried

Sam Bankman-Fried merupakan pendiri dan pemilik platform jual-beli cryptocurrency FTX. Dia memiliki separuh saham perusahaan yang bermarkas di Bahama itu. Total kekayaannya diprediksi mencapai US$24 miliar. FTX sempat mendapatkan pendanaan hingga US$ 40 miliar dari Pantera Capital dan Exnetwork Capital.

Untuk informasi, ternyata Exnetwork Capital ternyata juga berinvestasi di salah satu perusahaan Gaming-Metaverse di Indonesia yakni Duckie Land.

3. Brian Armstrong

Brian Armstrong merupakan pendiri dan CEO Coinbase, platform pertukaran cryptocurrency terbesar di Amerika Serikat. Perusahaan ini telah mencatatkan sahamnya di bursa saham AS. Ia diketahui memiliki 19% saham perusahaan. Kekayaannya ditaksir mencapai US$6,6 miliar.

4. Gary Wang

Gary Wang mendirikan platform FTX bersama dengan Sam Bankman-Fried. Dia diketahui memiliki 16% saham FTX dan memegang uang kripto FTT sebesar US$600 juta. Total kekayaannya mencapai US$5,9 miliar.

5. Chris Larsen

Chris Larsen merupakan salah satu pendiri perusahaan blockchain Ripple yang memiliki uang kripto XRP yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar ke-8 di dunia. Total kekayaannya diprediksi mencapai US$4,3 miliar.

6. Cameron Winklevoss and Tyler Winklevoss

Cameron Winklevoss and Tyler Winklevoss merupakan investor awal dari Bitcoin. Mereka membeli uang kripto terpopuler ini pada 2012. Keduanya kemudian meluncurkan platform jual beli kripto Gemini. Total kekayaan keduanya diprediksi mencapai US$4 miliar.

7. Song Chi-Hyung

Song Chi-Hyung merupakan pendiri dari platform jual-beli kripto terbesar Korea Selatan bernama Upbit. Dia diperkirakan memiliki 25% saham induk perusahaan. Total kekayaannya diprediksi mencapai US$3,7 miliar.

8. Berry Silbert

Berry Silbert merupakan pendiri perusahaan investasi kripto bernama Digital Currency Group. Perusahaan ini diperkirakan mengelola aset kripto sebesar US$28 miliar. Total kekayaannya diprediksi mencapai US$3,2 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lagi-lagi Kripto Dipakai Buat Penipuan, Rp 1,78 T Menguap


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading