Ramai-ramai Punya Tanah di Metaverse, Raffi Ahmad-Snopp Dogg

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 April 2022 09:25
Raffi Ahmad Rilis Ransverse

Jakarta, CNBC Indonesia - Seiring berjalannya waktu, publik mulai mengenal dengan Metaverse. Banyak pihak juga yang punya tanah di dunia virtual itu.

Di luar negeri nama seperti Snopp Dog memiliki Snoppverse. Terbaru Raffi Ahmad juga memiliki "Ransverse".

Berikut rangkuman CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Selasa (5/4/2022):


1. Raffi Ahmad
Belum lama ini Raffi Ahmad melalui Rans Entertainment memperkenalkan dunia virtual bernama Ransverse. Di dalamnya akan ada sejumlah plot tnah yang bisa dibeli, baik di Indonesia maupun global.

Di sana akan tersedia 24 ribu plot tanah yang diperjualbelikan. Ukuran satu plot 16m x 16m dan 4 plot dapat menjadi neighbourhood. Sementara 4 neighbourhood menjadi 1 cluster, dua cluster menjadi 1 district, terakhir 2 district atau 64 plot tanah bisa menjadi county.

2. BRI
BRI juga telah mengumumkan masuk ke dunia metaverse dengan melakukan kerja sama bersama WIR Group. Bank tersebut menghadirkan virtual branch di Metaverse.

"BRI senantiasa mengedepankan customer experience dalam setiap layanan. Hadirnya BRI ke dalam dunia Metaverse diharapkan bisa menjadi journey baru yang menyenangkan untuk customer sekaligus dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi untuk melakukan berbagai layanan transaksi digital juga costumer service yang lebih baik kedepannya, baik secara virtually maupun on-site," kata Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani.

3. Snopp Dogg
Rapper Snopp Dogg juga memiliki taman digital dari rumah nyatanya Diamond Car California. Di sana diadakan pesta eksklusif para anggota, konser, dan dapat bermain dalam Snoppverse.

Rolling Stone melaporkan untuk bisa menjadi tetangga Snoop Dogg di dunia virtual itu butuh merogoh kocek hingga US$450 ribu.

4. Adidas
Di Sandbox, Adidas memiliki sebidang tanah seluas 144 plot. Pada November lalu, perusahaan juga mengonfirmasi kehadirannya dalam Metaverse.

"Apa yang harus kita bangun bersama di @TheSandboxGame?" tulis Adidas dalam akun Twitter resminya.

5. Samsung
Samsung membuka toko versi digitalnya yang ada di New York bernama Samsung 837X. Raksasa teknologi Korea Selatan itu bermitra dengan platform dunia virtual berbasis ethereum, Decentraland.

Saat pengguna masuk ke Decentraland, avatarnya akan berada di luar gedung toko. Masuk ke lobi, maka akan ada pemandu virtual di dalamnya.

6. PWC Hong Kong
PWC Hong Kong juga masuk ke Metaverse dengan memiliki sebidang tanah di platform Sandbox. Animoca Brand juga telah mengonfirmasi pembelian itu pada akhir November lalu.

Dengan begitu menjadi PWC global sebagai jaringan layanan profesional internasional pertama dan anggota pertama dari jaringan PWC Global yang masuk ke dalam Sandbox.

7. Prager Metis International
Perusahaan membuka kantor penasihat dan jasa akuntansi untuk individu dalam platform Decentraland. Letaknya berada di koordinat 18.144 platform tersebut.

"Kantor pusat Metaverse baru kami akan berfungsi sebagai jembatan antara tradisional dan digital serta menawarkan layanan keuangan dunia nyata ke Metaverse," kata CEO Prager Metis, Glenn Friedman.

8. Atari
The Wall Street Journal melaporkan Republic Realm membeli tanah milik Atari SA. Pembelian itu senilai US$4,3 juta kepada perusahaan game tersebut.

Sebagai informasi Republic Realm merupakan perusahaan yang berinvestasi dan mengembangkan real estate virtual serta aset digital lain.

9. Huang
Artis Huang Heshen juga punya rumah di Metaverse. Dia juga menjual obyeknya menjadi uang nyata.

Salah satunya TooRichCity yang merupakan kota virtual dipimpin oleh seornag pria botak setengah baya. Bangunannya miring dengan render beton 3D. Serta pada Juli lalu juga menambahkan sudut Metaverse sambil mempersiapkan acara pembuat konten.

10. JJ Lin
Penyanyi asal Singapura, JJ Lin membeli tanah di Decentraland dengan memegang tiga plot yakni Prime Gallery 1, Prime Gallery 2 dan Nearest to Genesis Plaza.

Ketiganya dibeli lewat non-fungible token (NFT) di OpenSea. Dia membelinya dengan 6000 MANA (krito Decentraland) atau 41 ribu dolar Singapura.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wah! Seoul Berambisi Jadi Kota Metaverse Pertama di Dunia


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading