2030, 30% Ekonomi Digital ASEAN Dikuasai Indonesia!

Tech - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
24 March 2022 13:40
BRImo menjadi salah satu kanal perbankan yang paling sering digunakan nasabah.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperkirakan nilai ekonomi digital Indonesia pada 2030 mencapai Rp 4.300 triliun. Dibandingkan dengan negara-negara tetangga, bagaimanakah posisi Indonesia?

Dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022 belum lama ini, Erick menilai ekonomi digital akan tumbuh delapan kali lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ekonomi. Dengan laju tersebut, maka pada 2030 nilainya bisa mencapai Rp 4.300 triliun.

"Ini potensi yang amat harus diperhatikan selain sumber daya alam," kata Erick.


Pendiri Mahaka Media itu mengatakan, pasar ekonomi digital Indonesia terbesar di ASEAN. Ke depan, dia akan terus bertumbuh.

Oleh karena itu, menurut Erick, inovasi dan investasi harus diseimbangkan. Tujuannya adalah Indonesia tidak hanya menjadi pasar.

"Kita tidak anti asing tapi penting sekali kita harus ada roadmap Indonesia bukan roadmap China, roadmap Amerika, tapi Indonesia," tegas Erick.

Dengan demikian, lanjut dia, tercipta lapangan kerja dari investasi ekonomi digital. Muaranya adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia dan dunia.

Halaman Selanjutnya --> Indonesia Kuasai 30% ASEAN

Indonesia Kuasai 30% ASEAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading