Apakah Batuk Akibat Long Covid-19 Menular? Ini Penjelasannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 March 2022 09:55
Infografis/Sederet Gejala Saat Anda 'Menderita' Long Covid/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Usai positif Covid-19, sejumlah orang melaporkan beberapa efek yang berlangsung cukup lama atau disebut sebagai Long Covid-19. Gejalanya cukup beragam, salah satunya adalah pasien mengalami batuk.

Lalu apakah gejala tersebut masih bisa menularkan? Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito beberapa waktu lalu, penderita Long Covid in tidak akan menularkan gejala maupun virus pada sekitarnya.

"Harap dijadikan catatan bahwa mereka yang menderita long Covid-19, tidak akan menularkan gejala yang sama ataupun virus kepada mereka yang berada di sekitarnya," kata Wiku, dikutip dari laman Covid19, Kamis (17/3/2022).


Selain batuk, pasien Long Covid juga mengalami beberapa gejala berkepanjangan. Center for Disease and Prevention (CDC) Amerika Serikat mencatat mulai dari kelelahan, sulit bernafas, sakit persendian, dan sakit dada.

Selain itu ada juga gejala lain seperti kesulitan berpikir dan berkonsentrasi (brain fog), depresi, sakit pada otot, sakit kepala, demam, serta jantung berdebar.

Ada juga temuan komplikasi medis meski jarang terjadi dan bisa menjadi masalah kesehatan berkepanjangan. Misalnya jantung, pembengkakan otot jantung, pernafasan yang menyebabkan masalah fungsi paru-paru, kerusakan ginjal akut, gatal-gatal dan rambut rontok, masalah indera penciuman dan perasa.

Sementara itu National Institute for Health and Care Excellence (NICE) mendefinisikan Long Covid sebagai gejala yang berlangsung kurang lebih 8-12 minggu setelah dinyatakan sembuh atau negatif corona.

Profesor King's College London, Tom Spector mengatakan hal ini juga bisa membuat pasien tidak dapat kembali ke performa sebelumnya. "Mereka mungkin bisa kembali bekerja, tetapi tidak bisa kembali ke performa terbaiknya," ujarnya dikutip Express.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading