Ini Dukungan MDI Ventures bagi Sinergi Startup & BUMN

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
16 March 2022 11:05
foto : Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) selesai menggelar event virtual privat Nex-BE Fest Logistics 2022. Event tersebut merupakan rangkaian event Nex-BE Fest (Next Billion Ecosystem Festival 2019) yang didesain untuk menghasilkan kolaborasi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan startup digital binaan MDI Ventures dan TMl. 

Acara bertema logistik ini menghadirkan startup kargo dan logistik lokal dan menjembatani mereka dengan sejumlah BUMN. Adapun sebanyak 13 BUMN berpartisipasi dan berdiskusi dengan para startup, yakni Anchanto, Roambee, Sinbad, Paket.id, SiCepat, Waresix, Paxel, dan Luwjistik

CEO of MDI Ventures Donald Wihardja menjelaskan, sebagai perusahaan modal ventura korporasi, tugas utama MDI menyelenggarakan rangkaian event Nex-BE Fest adalah menaungi sinergi antara startup, Telkom, dan BUMN lainnya.


"Hingga saat ini, kami telah berhasil menciptakan synergy value sebesar Rp 5,4 triliun antar startup, Telkom Group, dan badan usaha milik negara, dan nilai ini akan terus bertambah tiap tahunnya. Dari keseluruhan angka itu, Rp 2,15 triliun rupiah tercipta di tahun 2021," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (16/3/2022).

Menurut dia, MDI Ventures mendefinisikan sinergi BUMN dan startup sebagai uang yang dihasilkan lewat kanal pendapatan baru atau penghematan uang berkat efisiensi operasional baru. 

Sementara itu, CEO TelkomGroup Ririek Adriansyah menjelaskan, pihaknya ingin memberikan peluang tentang penggunaan teknologi digital antara BUMN di bidang logistik dengan para startup yang dibimbing oleh MDI. 

"Kami harap aktivitas ini bisa menjadi solusi win-win untuk seluruh pihak, guna memaksimalkan potensi sinergi, menjadi lebih kompetitif, dan memberikan manfaat untuk masyarakat luas," papar dia.

Diketahui dalam Nex-BE Fest Logistics 2022 startup yang dibimbing oleh MDI dan TMI mempresentasikan keunggulannya pada perwakilan BUMN. Tujuannya adalah mengeksplorasi berbagai cara menumbuhkembangkan sektor logistik nasional secara keseluruhan. 

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmojo berharap Nex-BE Fest Logistics 2022 bisa mendukung pertumbuhan sektor logistik Indonesia sebagai kunci untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Diketahui pasar kargo dan logistik Indonesia berada di angka Rp 1.162 triliun pada 2020. Angka ini diprediksi akan naik menjadi Rp 1.973 triliun pada 2026. 

"Lewat transformasi digital logistik, kita bisa memperoleh sejumlah manfaat yang mencakup penghematan biaya, yang saat ini nilainya setara dengan 24% PDB negara. Dengan menurunnya biaya logistik, kemampuan kompetitif Indonesia pun juga akan ikut meningkat," lanjut pria yang akrab disapa Tiko itu. 

Sebagai informasi, Telkom Group mendirikan MDI Ventures pada 2016 untuk merambah ke sektor ekonomi digital. Saat menanamkan modal, perusahaan modal ventura ini menargetkan startup dengan potensi besar dan memiliki synergy value dengan TelkomGroup. Sejak saat itu, MDI telah dipercaya mengelola multi-dana dan telah mendukung lebih dari 50 perusahaan teknologi di 12 negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cara MDI Ventures & TMI Jodohin Startup dengan Telkom Group


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading