Cara MDI Ventures & TMI Jodohin Startup dengan Telkom Group

Tech - Tim, CNBC Indonesia
25 November 2021 10:47
Dok MDI Foto: Dok MDI

Jakarta, CNBC Indonesia - MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) baru saja merampungkan Next Billion Ecosystem Festival (Nex-BE Fest), event yang menjembatani startup digital yang didanainya untuk memperluas potensi solusi digital dan sinergi baru ke dalam sektor BUMN.

Acara ini rutin diadakan setiap triwulan, event berkelanjutan ini telah diadakan empat kali di tahun 2021. Tahun ini, Nex-BE Fest 2021 menyasar sektor-sektor spesifik, seperti agrikultur di bulan Maret, kesehatan di bulan Juni, fintech di bulan Oktober, dan bersama Telkom Group yang baru saja rampung digelar pada tanggal 4-5 November ini di Bali.

Dalam event ini startup-startup digital yang telah memperoleh pendanaan dari MDI Ventures dan TMI dipertemukan dengan calon investor dari berbagai anak perusahaan Telkom Group untuk menggali potensi sinergi baru.


Tercatat sebanyak 26 startup dihadirkan pada Nex-BE Telkom Group teranyar, termasuk di dalamnya Alodokter, SiCepat, TaniHub, Amartha, dan MPL (Mobile Premier League). Ajang one-on-one ini dihadiri oleh 20 anak perusahaan dan unit bisnis di lingkungan Telkom Group, dan berhasil menghasilkan 70 ragam sinergi proyek baru yang berpeluang untuk difasilitasi secara berkelanjutan.

"Kami berharap sinergi yang dihasilkan oleh Nex-BE Fest dapat membantu ekosistem digital yang terbaik untuk Indonesia. Karakteristik ekosistem digital yang berubah dengan sangat cepat, menyebabkan tidak mungkin bagi Telkom dan anak perusahaannya dapat bergerak cepat tanpa adanya dukungan partner," jelas Budi Setyawan Wijaya, Direktur Strategic Portfolio Telkom Group dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (25/11/2021).

"Ajang yang mempertemukan Telkom Group dengan startup melalui MDI dan TMI ini memberikan kesempatan yang bagus untuk pembentukan ekosistem digital bersama ke depannya."

Sampai saat ini, jumlah investasi Telkom ke startup digital telah mencakup lebih dari 50 perusahaan dari 12 negara, dengan total komitmen aset kelolaan mencapai US$830 juta atau setara dengan Rp 12 triliun melalui MDI Ventures dan TMI. Dalam berinvestasi, Telkom menargetkan startup yang mempunyai future value dan synergy value yang tinggi untuk pengembangan produk-produk digital Telkom Group.

"Dari target market size dan dan market share Telkom pada tahun 2021, masih terdapat ruang yang cukup besar dan memberikan peluang bagi kita semua untuk lebih berkembang. Saya melihat bahwa Telkom tidak bisa berjalan sendirian dan butuh partner diantaranya dari teman-teman di startup ini. Ayo kita buat kreasi, ayo kita datangi customer bersama membawa solusi, sehingga dapat membawa benefit bersama." jelas Edi Witjara, Direktur Enterprise Business Telkom Group.

Donald Wihardja, Direktur Utama MDI Ventures, menambahkan tujuan pihaknya mendanai startup bukan hanya capital gain dan valuation gain.

"Kami ingin terus mendorong tercapainya synergy revenue yang bisa dihitung baik dari sisi Telkom maupun startup. Sampai dengan Q3 tahun ini, MDI sudah berhasil mengantarkan synergy value senilai Rp 2 triliun," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading