Daerah PPKM Level 4 Bertambah, Satgas Covid Perintahkan Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 March 2022 18:45
Juru Bicara Pemerintah untuk Penangan Covid-19, Wiku Adisasmito

Jakarta, CNBC Indonesia - Masih ada penambahan daerah di PPKM Level 3-4 secara nasional. Di Jawa-Bali, penambahan tersebut berada di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Di Jawa Bali, menurut Instruksi Mendagri No 13/2022, kenaikan 3 kota ke level 4 dan 11 kab/kota di level 3. Tersebar di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penangan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers, Selasa (1/3/2022).

Cakupan dosis kedua untuk lansia dan masyarakat umum menjadi indikator penetapan ini. Untuk itu pemerintah daerah diminta segera memenuhi target vaksin masing-masing agar level PPKM dapat diturunkan.


"Untuk itu pemerintah daerah di Jawa-Bali, perlu segera memenuhi target vaksin penuhnya untuk menurunkan level minggu depan," ungkapnya.

Sementara itu Wiku juga menyebutkan jumlah wilayah yang masuk level 3 PPKM di luar wilayah Jawa-Bali. Ini berdasarkan Instruksi Mendagri No. 14/2022.

Berdasarkan hal tersebut terdapat kenaikan 212 kabupaten/kota yang masuk ke dalam level 3. Wiku mengatakan indikator yang digunakan dalam evaluasi masih sama seperti sebelumnya pada wilayah non Jawa-Bali.

Wiku meminta untuk pemerintah daerah bisa menekan penularan virus, meningkatkan cakupan vaksinasi dosis primer, serta respon daerah.

"Pemerintah daerah harus lebih optimal dalam menekan penularan, meningkatkan cakupan vaksinasi dosis 1 dan 2, maupun respon daerah," jelas Wiku.

"Dimohon masing-masing pemerintah daerah maupun masyarakatnya memperhatikan situasi terkini. Dengan melihat data dan perkembangan kebijakan".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Pantau Warga dari Google Hingga Satelit, Wajarkah?


(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading