PPKM Level 3: WFO Jadi 50%, Sekolah Tatap Muka Gimana?

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 February 2022 08:55
Siswa saat mengikuti kegiatan belajar sacara tatap muka di SDN 014 Pondok Labu, Jakarta Selatan, Jumat (4/2/2022).  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan di wilayah yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 tetap mengacu pada aturan sebelumnya.

Keputusan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 10/2022 tentang PPKM Jawa-Bali, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (15/2/2022).

Aturan yang dimaksud adalah Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019, seperti dikutip CNBC Indonesia.


Dalam aturan tersebut, dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran di stasiun pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh.

Dalam aturan SKB 4 menteri, sekolah yang berada di wilayah PPKM Level 3 guru dan tenaga kependidikan wajib sudah divaksinasi paling sedikit 40% dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga lanjut usia paling sedikit 10%.

Selain itu, sekolah tatap muka diselenggarakan secara terbatas dan bergantian. Jumlah murid maksimal 50% dari kapasitas ruang kelas dengan lama jam belajar paling banyak 4 jam pelajaran per hari.

Adapun sekolah di daerah PPKM level tiga dengan guru dan tenaga kependidikan yang telah divaksin dosis kedua di bawah 40% dan lansia di bawah 10% wajib menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh atau sekolah online.

Adapun hingga saat ini, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih berstatus PPKM level 3 selama sepekan ke depan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Pantau Warga dari Google Hingga Satelit, Wajarkah?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading