Tak Cuma Rusia, Ukraina Dihantui Serangan Hacker

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
22 February 2022 14:50
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Ukraina telah melihat adanya peringatan online bahwa peretas (hacker) sedang bersiap untuk meluncurkan serangan besar-besaran terhadap lembaga pemerintah, bank dan sektor pertahanan.

Ukraina sebelumnya telah mengalami serangkaian serangan siber dalam beberapa pekan terakhir. Serangan tersebut dituduhkan oleh Kyiv kepada Rusia. Rusia yang terjebak dalam konfrontasi yang meningkat antara Barat dan Ukraina membantah keterlibatan mereka.

Melansir Reuters, Selasa (22/2/2022), badan keamanan siber yang dikelola pemerintah Ukraina CERT-UA, mengatakan bahwa mereka telah menemukan peringatan di forum peretasan.


Satu pesan merujuk pada sewa server untuk mempersiapkan serangan baru di situs-situs sektor publik, sektor perbankan dan sektor pertahanan.

Ukraina mengatakan pekan lalu Rusia kemungkinan berada di balik serangan yang membuat beberapa web tumbang, termasuk kementerian pertahanan, layanan perbankan dan terminal di pemberi pinjaman besar milik negara.

Serangan online dan peringatan lebih banyak datang ketika negara-negara Barat menuduh Rusia merencanakan invasi ke negara tetangga Ukraina.

Rusia membantah merencanakan serangan apa pun, mereka menuntut jaminan keamanan termasuk janji bahwa Ukraina tidak akan pernah bergabung dengan NATO.

Ukraina sebelumnya menuduh Rusia melancarkan serangan siber untuk menabur kepanikan dan merusak sistem keuangannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Ini Cara Hacker Kuras Rekening Tabungan Bank Kamu


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading