Alert! Bitcoin Hampir Habis, Segini yang Bisa Ditambang

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
08 February 2022 10:10
Representation of the Bitcoin virtual currency standing on the PC motherboard is seen in this illustration picture, February 3, 2018. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Bitcoin telah menjadi sangat uang kripto (cryptocurrency) populer di seluruh dunia. Setahun terakhir menjadi momen yang menandai pertumbuhan ini.

Namun demikian, ketenaran Bitcoin datang dengan sebuah tantangan. Faktanya hanya ada 21 juta Bitcoin di dunia ini. Batasan itu dibuat oleh pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto untuk membuat cryptocurrency langka dan mengendalikan inflasi yang mungkin timbul dari pasokan yang tidak terbatas.

Konsepnya sederhana - jika pasokan Bitcoin terbatas, nilainya pada akhirnya akan naik karena akan ada lebih banyak permintaan dan lebih sedikit pasokan.


Mengutip laman India Today, Selasa (8/2/2022), tantangannya adalah Bitcoin mencapai 90 persen dari pasokan maksimumnya awal bulan ini.

Menurut penelitian oleh blockchain.com, 18,89 juta Bitcoin telah ditambang (mining), dan mereka sudah beredar di pasar. Butuh hampir 12 tahun bagi Bitcoin untuk menjual hampir 19 juta koin.

Ini berarti hanya tinggal 2 juta Bitcoin yang tersisa untuk ditambang. Jadi, apa yang terjadi ketika Bitcoin kehabisan pasokan?

Jelas bahwa setelah Bitcoin yang tersisa ditambang, Bitcoin sebagai aset, akan menjadi lebih langka dan penambang akan bergantung pada biaya transaksi, bukan hadiah blok.

Sulit untuk memprediksi pasar kripto lainnya akan bereaksi ketika pasokan Bitcoin habis. Kripto masiht relatif muda dan banyak yang akan tergantung pada bagaimana permintaan terbentuk.

Satu hal yang pasti, Bitcoin tidak akan lagi ditambang dan biaya akan menjadi sumber pendapatan utama. Pada akhirnya, jaringan Bitcoin dapat berfungsi sebagai ekonomi tertutup, di mana biaya transaksi dinilai seperti pajak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Uang Kripto Disebut Bisa Picu Krisis Keuangan Global


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading