Edan! Ini 10 NFT Termahal di Dunia, Harganya Tak Masuk Akal

Tech - Tim, CNBC Indonesia
18 January 2022 16:25
NFT (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belakangan ini, Non-Fungible Token atau NFT sedang gencar dibicarakan khususnya di Indonesia. Walaupun kehadirannya sudah ada sejak tahun 2014, baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan NFT milik Ghozali Everyday yang berupa foto selfie dan berhasil terjual seharga miliaran rupiah.

NFT menjadi tempat baru untuk para kreator seni atau seniman bisa berinvestasi atas karyanya dan mendapatkan keuntungan yang besar. Walaupun NFT dikatakan sebagai turunan kripto, namun keduanya memiliki pengertian dan tujuan yang berbeda.

Apa Itu NFT dan Perbedaannya dengan Kripto?

NFT adalah aset digital yang menggunakan teknologi blockchain (buku besar digital) yang mendukung ethereum, bitcoin dan aset kripto lainnya untuk merekam transaksi di dalamnya. NFT akan mewakilkan barang berharga yang unik dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti.


NFT akan menjadikan aset digital sebagai satu-satunya milik Anda. NFT hadir sebagai sarana untuk mendukung para seniman seperti musisi, kreator, influencer, artis dan atlet untuk menawarkan imbalan besar atas karyanya kepada investor yang bersedia untuk membayar aset digital mereka.

Barang yang bisa dijadikan sebagai aset NFT dapat berupa foto, video, aset game, musik, dokumen dan lain-lainnya. Harga jual yang didapatkan tergantung dari faktor subjektif, seperti kreativitas, kualitas aset hingga reputasi seniman.

NFT mulai dilirik sejak tahun 2017 saat game Crypto Kitties diluncurkan. Melalui game tersebut, pengguna bisa bermain game berbasis blockchain ethereum. Para member bisa mengadopsi, memelihara dan memperjual belikan kucing peliharaan virtual.

Perlu diketahui bahwa NFT berbeda dengan aset kripto lainnya yang juga menggunakan teknologi blockchain. NFT tidak memiliki nilai tukar yang sama seperti bitcoin. 1 bitcoin bernilai tukar 1 bitcoin. Namun, 1 klip NFT tidak memiliki nilai sama dengan 1 klip NFT lainnya.

NFT tidak bisa didenominasi menjadi lebih kecil seperti aset kripto lainnya. Siapapun yang memiliki aset NFT akan mendapatkan hak penuh, namun keaslian pencipta atau senimannya juga akan tetap dijaga. Tetapi, untuk mendapatkan aset NFT, Anda harus memiliki dompet kripto.

NFT Termahal di Dunia

NFT seringkali dikaitkan dengan stigma barang mahal karena aset-aset di dalamnya bisa terjual dengan harga miliar USD yang mungkin bisa setara dengan triliun rupiah. Harga tersebut mungkin sudah tidak asing di dunia NFT. Namun, kelompok awam akan menyebutnya tidak masuk akal.

Jika harga NFT Ghozali yang mencapai miliaran rupiah saja bisa membuat masyarakat kaget, ternyata ada aset digital lainnya yang memiliki harga fantastis dan masuk ke dalam kategori NFT termahal di dunia. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini!

NFT Merge karya PakFoto: NFT Merge karya Pak (Doc. akun Twitter Cruxe)

1. The Merge

The Merge berhasil menjadi NFT termahal di dunia yang pernah dijual pada 2 Desember 2021 dengan hampir 30 ribu kolektor dengan total hampir 100 juta USD. Total biaya yang didapatkan dari aset NFT The Merge ini mencapai 91,8 juta USD atau setara dengan Rp 1,3 triliun lebih. The Merge diciptakan oleh seniman digital Pak yang sudah dikenal sebagai jawara di dunia NFT karena mampu menghasilkan karya seni yang ikonik.

2. Everydays: the First 5000 Days

Everydays: the First 5000 Days adalah NFT termahal di dunia kedua setelah Merge. Aset yang merupakan kolase gambar dari 5 ribu karya seni Beeple ini dimulai dari 2007. NFT ini terjual pada tanggal 11 Maret 2021 oleh investor cryptocurrency Singapura melalui lelang Christie's dengan mencapai harga 69,3 juta USD atau setara Rp 991 miliar.

3. HUMAN ONE

Masih merupakan karya Beeple atau Mike Winkleman, HUMAN ONE merupakan aset NFT potret bergerak yang menggambarkan manusia pertama di dunia metaverse. Karyanya ini berhasil menjadi NFT termahal di dunia yang dijual pada 9 November 2021 dengan harga 28,9 USD atau setara Rp 426 miliar.

4. CryptoPunk #7523

CryptoPunk #7523 adalah karya seni avatar digital yang dihasilkan oleh duo pengembang berbasis di Kanada yang menjalankan Larva Labs. Aset langka ini berhasil menjadi NFT termahal di dunia karena satu-satunya CryptoPunk Alien dari sembilan lainnya yang menggunakan masker. NFT ini terjual dengan harga 11,75 USD atau setara Rp 168 miliar lebih.

5. CryptoPunk #3100

Masih dengan keluarga CryptoPunk, di mana CryptoPunk #3100 berhasil menjadi NFT termahal di dunia sepanjang 2021. NFT ini terjual pada 11 Maret 2021 dengan harga 7,8 juta USD atau setara dengan Rp 109 miliar.

The First 5000 Days karya Mike WinkelmannFoto: Everydays: the First 5000 Days karya Mike Winkelmann (akun Twitter Cruxe)

6. CryptoPunk #7804

Sebelumnya, NFT CryptoPunk #7804 pernah menyandang gelar CryptoPunk termahal. Sayangnya, hal tersebut hanya berlaku selama sehari saja. CryptoPunk #7804 adalah satu-satunya Alien dengan topi, pipa dan nuansa keren untuk boot. NFT ini terjual dengan harga 7,6 juta USD atau setara dengan 108 miliar lebih.

7. Crossroad

Crossroad milik Beeple ini merupakan NFT dalam bentuk film pendek yang berdurasi 10 detik. Video tersebut menampilkan orang-orang yang sedang berjalan melewati sebuah tubuh besar manusia yang jatuh dengan berbagai tulisan hina di tubuhnya. Harga NFT tersebut mencapai 6,6 USD atau setara dengan Rp 94,4 miliar.

8. Xcopy's A Coin for the Ferryman

Kayra bertajuk Xcopy's A Coin for the Ferryman dibuat pada tahun 2018 dengan bentuk GIF. Karya NFT ini berupa coretan wajah yang ekspresinya berubah-ubah. Dijual mulai pada tanggal 4 November 2021, karya digital ini sekarang bernilai 6,034 USD atau setara dengna Rp 86 miliar.

9. Ocean Front

Lagi-lagi karya Beeple termasuk ke dalam 10 NFT termahal. Selanjutnya ada Ocean Front yang menggambarkan gabungan gambar sebuah container, caravan dan sebuah pohon di tengah laut. Gambar tersebut terjual dengan harga 6 juta USD atau setara dengan Rp 85 miliar.

10. CryptoPunk #5217

CryptoPunk #5217 merupakan karya seni yang berupa gambar seekor kera dengan topi rajut dan rantai emas. NFT ini menjadi karya terlangka di pasar. Sehingga menjadikannya salah satu NFT termahal di dunia dengan catatan penjualan hingga mencapai 5,59 juta USD atau setara dengan Rp 80 miliar.

Cyberpunk #3100Foto: Cyberpunk #3100 (Doc Akun Twitter Cruxe)

Kenapa Harga NFT Bisa Mahal?

Harga-harga NFT di atas mungkin terdengar sangat tidak masuk akal dan membuat Anda bertanya-tanya kenapa harganya bisa sangat tinggi?

Perlu dipahami bahwa karya seni dalam bentuk NFT ini akan memiliki waktu yang panjang dalam proses pembuatannya. Karya seni seperti video, GIF, gambar, musik dan aset game bisa dihasilkan dalam waktu berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Sehingga, proses tersebut menjadikan harga NFT menjadi sangat mahal.

Selain itu, NFT juga sudah dienkripsi di blockchain dan tidak bisa diduplikat. Sehingga, aset digital NFT akan sangat terjamin keaslian atau orisinilitasnya. Karya seni yang sudah terjual sebagai NFT akan mendapatkan kode unik untuk melacak penerbit token, kreator dan pemilik terakhirnya. NFT ini juga bisa dikoleksi dan tidak bisa digandakan, sehingga menjadikannya sebagai barang langka.

Lagi-lagi, faktor subjektif juga menjadi alasan mengapa harga NFT bisa sangat tinggi. Kualitas karya yang bagus dan memiliki value, serta popularitas seniman menjadi sumbangsih harga NFT sangat mahal.

Bisa dikatakan bahwa orang-orang yang menjadi investor di dunia NFT merupakan orang kaya raya. Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa hal tersebut tidak bermanfaat. Namun, orang-orang kaya tersebut membutuhkannya sebagai simbol status yang mempresentasikan bahwa mereka juga mampu membeli barang mewah lainnya di luar NFT dengan mudah.

Jadi, harga NFT yang begitu mahal tidak berdasar tanpa alasan. NFT berhasil dijual dengan harga tinggi karena sebanding dengan emotional value yang dirasakan ketika berhasil untuk mengoleksi karya tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Viral Ghozali Everyday, Bagaimana Masa Depan NFT di RI?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading