Cek! Ini 5 Profesi yang paling Dibutuhkan di Metaverse

Tech - Tim, CNBC Indonesia
18 January 2022 12:50
Bisnis Metaverse Paris Hilton, Pulau Dunia Maya Paris World (Reuters)

Jakarta, CNBC Indonesia - Topik metaverse semakin banyak dicari oleh masyarakat. Bagaimana tidak, konsep metaverse dicanangkan akan menjadi masa depan dunia internet dengan virtual tiga dimensi yang bisa dimasuki oleh manusia menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality.

Awal mula metaverse banyak dibicarakan adalah ketika platform media sosial yang paling terkenal sejagat raya internet, Facebook, mengumumkan rebranding produknya dengan merangkul ide-ide futuristik dan mengangkat istilah metaverse.

Walaupun sebenarnya, metaverse telah disebut-sebut pada novel berjudul Snow Crash tahun 1992 milik Neal Stephenson. Mark Zuckerberg menggambarkan metaverse sebagai lingkungan virtual di mana para pengguna bisa memasukinya, alih-alih hanya melihat dari layar.


Profesi yang Dibutuhkan di Metaverse

Dengan hadirnya metaverse, manusia bisa hidup, beraktivitas dan bersosialisasi secara virtual. Di mana tentu akan dibutuhkan tenaga kerja baru untuk mendukung hadirnya masa depan internet tiga dimensi.

Lalu, jenis profesi apa yang akan dibutuhkan di metaverse? Dikutip dari Schoters Indonesia, berikut adalah profesi yang akan dibutuhkan di metaverse:

1. Metaverse Cyber Security

Profesi pertama yang paling dibutuhkan di dunia metaverse adalah metaverse cyber security. Di mana, profesi ini akan bertugas untuk mengatur strategi dan memblokir serangan secara realtime. Bukan hanya itu, profesi ini juga akan menetapkan undang-undang dan protokol yang aman di dunia metaverse.

Undang-undang tersebut nantinya akan dipertimbangkan, diubah serta diciptakan kembali. Karena pada dasarnya, metaverse merupakan dunia virtual yang amat rawan dari serangan cyber dan penipuan. Maka dari itu, seorang cyber security sangat dibutuhkan.

Jika Anda tertarik terjun ke dunia metaverse cyber security, rekomendasi jurusan kuliah yang bisa diambil adalah:

  • Cyber Security
  • Information Technology Law

Untuk jurusan cyber security, Anda sudah bisa menemuinya di kampus-kampus ternama milik Indonesia. Jadi, jangan khawatir ya!

2. Construction Engineers

Selanjutnya, dunia metaverse juga akan membutuhkan profesi construction engineers untuk merancang dan membangun bangunan layaknya di dunia nyata. Profesi ini akan bertugas menyusun pola dunia metaverse dari desain, bentuk, proses konstruksi dan penyelesaiannya.

Tentunya ini merupakan angin segar bagi para desaigner dan engineers. Adapun rekomendasi jurusan kampus yang bisa Anda tempuh adalah:

  • Graphic Design
  • Visual Communication Design
  • 3D Design atau Animation

Tenang saja, jurusan desain grafis atau desain komunikasi visual dan animasi juga sudah banyak dimiliki oleh kampus-kampus dalam negeri di Indonesia.

3. Metaverse Planner

Sesuai dengan namanya, metaverse planner tentunya bertugas untuk menyusun strategi dan dan fungsi serta penggunaannya yang akan diimplementasikan ke dalam dunia virtual. Seorang metaverse planner akan menetapkan hak-hak yang tepat untuk dilakukan di dunia digital dan akan terus berkembang nantinya.

Jika Anda tertarik di dunia metaverse planner, ada beberapa rekomendasi jurusan yang bisa Anda pilih di kampus. Berikut daftarnya:

  • Software Engineering
  • Digital Business
  • Digital Marketing
  • Digital Entrepreneurship
  • E-Business

4. Metaverse Storyteller

Seorang yang berprofesi sebagai metaverse storyteller bertugas untuk merancang pencarian mendalam bagi pengguna, merencanakan skenario bagi pengguna untuk menjelajahi metaverse, skenario pelatihan, peluang pemasaran dalam bentuk narasi untuk perusahaan dan lain-lainnya.

Konsep metaverse akan memerlukan pengalaman realistis yang diperluas untuk memiliki alur cerita yang hebat agar bisa dipelajari. Jika Anda tertarik, rekomendasi jurusan kuliah yang bisa Anda ambil adalah:

  • Literature
  • English Language

5. Fashion Designers Virtual Reality

Mirip seperti sedang bermain game online, dunia digital metaverse juga memerlukan avatar-avatar yang akan mewakili setiap penggunanya.

Sehingga, dunia metaverse akan sangat membutuhkan fashion designer virtual reality untuk mengembangkan pakaian dan aksesoris unik yang bisa digunakan oleh avatar pengguna. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengambil pilihan jurusan di universitas di antaranya adalah:

  • Virtual Reality
  • Fashion Design

Lima profesi di atas akan sangat dibutuhkan di dunia metaverse. Dengan munculnya teknologi baru, tentu akan ada banyak lagi profesi dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Sudahkah Anda siap untuk menantikan kemajuan dunia internet tiga dimensi?


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Game Roblox Segera Hadirkan Dunia Virtual Metaverse?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading