Game Roblox Segera Hadirkan Dunia Virtual Metaverse?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 November 2021 12:55
Roblox

Jakarta, CNBC Indonesia - Metaverse makin jadi bahan pembicaraan yang sering terdengar belakangan. Terbaru Roblox mengaku sudah punya rencana bisnis melibatkan teknologi dunia virtual yang interaktif dan imersif ini.

Berbicara kepada CNBC Internasional, CEO Roblox David Baszucki mengatakan sejak perusahaannya berdiri 2004 sudah berusaha membuat versinya sendiri.

"Rencana bisnis kami pada 17 tahun lalu memprediksi kategori baru ini di mana orang bisa berkumpul. Selama 16 tahun terakhir, kami telah berinovasi pada kategori ini, membangun komunitas yang luar biasa bukan hanya dari para pemain namun juga komunitas pengembang luar biasa, 2 juta yang membuat segala sesuatu di platform kami jadi ekonomi kaya," jelasnya dikutip Rabu (10/11/2021).


"Seluruh perusahaan kami berfokus pada inovasi untuk mendorong dan mengantarkan visi yang sebagian orang menyebutnya metaverse atau pengalaman bersama manusia ke depan".

David Baszucki roblox. IstFoto: CEO Roblox David Baszucki roblox (Ist)

Nama metaverse makin kencang terdengar setelah Facebook mengganti nama perusahaannya menjadi Meta dan berfokus pada teknologi tersebut. Dunia metaverse dianggap bisa berhasil dalam mobile internet.

Pendiri Mark Zuckerberg mengatakan perusahaannya seperti media sosial. Namun yang dilakukan adalah membangun teknologi dan menghubungkan orang.

Di sanalah tempat metaverse berada yang jadi bab baru bagi perusahaan. "Dan metaverse jadi batas berikutnya seperti halnya jejaring sosial saat kami mulai," kata Zuckerberg.

Sementara itu raksasa teknologi global lain Microsoft juga ikut terjun ke metaverse. Presiden Microsoft Brad Scmidht menjelaskan konsep dunia virtual dalam blog perusahaan belum lama ini.

Dia juga mengatakan harus ada kolaborasi dan interoperabilitas untuk mengembangkan metaverse. Menurutnya teknologi tersebut akan jadi sangat besar dan penting di masa depan.

"Saya pikir (metaverse) akan sangat besar dan cukup penting. Kami harus memastikan melindungi privasi, keamanan digital dan melindungi dari disinformasi, manipulasi. Banyak yang harus kami kerjakan," jelasnya.

Metaverse digambarkan sebagai dunia virtual tempat pengguna bisa berkumpul, bermain, melakukan perjalanan online, berbelanja baju virtual, membuat karya seni hingga mendatangi konser. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone, atau perangkat lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Para Bunda Gelisah, Game Roblox Bikin Resah!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading