Catat! Menkes: Vaksinasi Booster Dimulai 12 Januari 2022

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
03 January 2022 13:22
Budi Gunadi Sadikin

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan program booster vaksin Covid-19 atau penyuntikkan vaksin dosis ketiga bisa dilakukan pada 12 Januari 2022. Hal ini diungkapkan oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtua di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/1/2022).

Vaksinasi booster akan diberikan pada mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan pada daerah kabupaten atau kota yang sudah sudah memenuhi kriteria 70% suntikan pertama dan 60% suntikan kedua.

"Sudah Diputuskan Bapak Presiden (Joko Widodo) vaksinasi booster akan jalan 12 Januari golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai dengan standar WHO dan akan diberikan ke kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria 70% suntik pertama dan 60% suntik kedua," terang Budi Gunadi Sadikin.


Budi Gunadi Sadikin menambahkan ada 244 kabupaten atau kota yang sudah memenuhi syarat dilaksanakan booster vaksin Covid-19.

"Vaksinasi booster akan diberikan dengan jangka waktu di atas 6 bulan setelah dosis kedua," ujar Budi Gunadi Sadikin.

"Kita identifikasi ada 21 juta sasaran di Januari yang masuk kategori ini dan jenis booster nanti akan kita tentukan ada homolog (vaksin yang sama dengan yang sebelumnya) dan heterolog (vaksin berbeda dengan awalnya)."

"Mudah-mudahan nanti bisa diputuskan tanggal 10 Januari setelah keluar rekomendasi dari ITAGI dan BPOM."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menkes Gratiskan Vaksin Booster Bagi Lansia & Peserta BPJS


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading