Kabar Baik! Ditemukan Calon Senjata Baru Lawan Varian Omicron

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 December 2021 17:25
Infografis/RI Bobol Omicron! ini 6 negara Tetangga yang kena Juga/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - T Cell sangat efektif dalam mengenali dan menyerang Covid-19 varian Omicron sehingga mencegah sebagian besar infeksi berkembang menjadi penyakit kritis.

Ini merupakan riset awal dari peneliti Afrika Selatan dalam percobaan tabung reaksi dan memerlukan studi lebih lanjut untuk menguatkan temuan. Riset ini telah diterbitkan di jurnal kesehatan online medRxiv.

Hasil ini ditemukan para peneliti Afrika Selatan mengekspos salinan virus ke T Cell dari sukarelawan yang telah menerima vaksin Covid-19 dari Johnson & Johnson atau Pfizer/BioNTech atau mereka yang belum divaksinasi tetapi telah mengembangkan T Cell setelah terinfeksi dengan varian awal Covid-19.


"Meskipun Omicron bermutasi secara ekstensif dan mengurangi kerentanan terhadap antibodi penetralisir, sebagai besar respons T Cell, yang diinduksi oleh vaksinasi atau infeksi alami, mengenali varian tersebut secara silang," tulis peneliti Afrika Selatan seperti dikutip dari Reuters, Kamis (30/12/2021).

"Kekebalan T Cell yang terpelihara dengan baik terhadap Omicron akan berkontribusi pada perlindungan dari Covid-19 parah."

T Cell merupakan bagian penting dari pertahanan lini kedua sistem kekebalan tubuh. T Cell bagian dari sistem imun tubuh yang berfokus pada partikel asing tertentu dan mempunyai peranan penting dalam pertahanan terhadap zat asing ketika partikel-partikel asing masuk ke dalam tubuh.

Covid-19 varian Omicron disebut mampu menghindari antibodi yang merupakan garis pertahanan pertama tubuh melawan infeksi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sederet Fakta Ditemukannya Covid-19 Varian Omicron di RI


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading