Telkomsel-Peplink Hadirkan Solusi 5G SD-WAN Pertama di RI

Tech - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
15 December 2021 11:37
Dook. Telkomsel

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel menjalin kolaborasi dengan Peplink, untuk memperkuat layanan Telkomsel IoT, khususnya IoT Manage Service Connectivity. Kerja sama ini diharapkan bisa mendorong lebih banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat menjalankan operasional sepenuhnya secara online melalui pemanfaatan cloud, dengan jaringan yang aman dan andal.

Vice President Internet of Thing Telkomsel Alfian Manullang mengatakan, Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi digital berbasis IoT yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh sektor industri melalui pemanfaatan teknologi tepat guna. IoT Manage SDWAN merupakan salah satu solusi end-to-end IoT Manage Service Connectivity Telkomsel IoT yang memberikan kemudahan untuk integrasi dan operasional efisien bagi perusahaan secara real-time dengan berbagai fungsi yang spesifik.

"Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, Telkomsel menjalin kolaborasi dengan perusahaan teknologi terkemuka di dunia seperti Peplink. Kami yakin, dengan didukung jaringan broadband 4G dan 5G, serta teknologi terdepan Peplink, kolaborasi ini akan mampu menghadirkan solusi yang lebih komprehensif sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini, yang mencakup otomasi, keamanan jaringan hingga meningkatkan produktivitas," kata Alfian, Selasa (14/12/2021).


Dia menambahkan melalui kolaborasi ini, Telkomsel akan memperluas portfolio layanan Telkomsel IoT, khususnya IoT Managed Service Connectivity. Dengan begitu perusahaan bisa menghadirkan solusi ke sektor yang lebih luas lagi, seperti sektor energi, pertambangan, dan manufaktur.

"Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel yang akan terus mengembangkan layanan berbasis IoT dengan prinsip customer-centricity agar dapat memberikan layanan terintegrasi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan pelanggan di berbagai sektor. Kami berharap, solusi ini dapat mendorong penetrasi pemanfaatan solusi IoT di lintas sektor industri lebih luas lagi sehingga mampu meningkatkan penerapan industri 4.0 di Indonesia," kata dia.

Sementara itu, General Manajer Peplink Keith Chau mengatakan Telkomsel dan Peplink mencatatkan awal yang baik pada tahun lalu, dan akan menciptakan lebih banyak aplikasinya. Sejak tahun lalu Telkomsel telah memanfaatkan router SD-WAN kabel dan nirkabel Peplink untuk menyediakan konektivitas aman dan andal yang dibutuhkan perusahaan, bahkan di lokasi yang sulit mendapatkan jaringan stabil sekalipun.

"Kami sekarang berharap dapat menciptakan lebih banyak use case yang luar biasa di pasar yang berkembang pesat di Indonesia," ungkap Chau.

Telkomsel juga telah mengimplementasikan IoT Managed SD-WAN yang sudah didukung oleh perangkat Peplink dengan sistem keamanan yang andal sehingga dapat diimplementasikan di sektor perbankan. Salah satunya yakni Bank BJB Syariah dan Bank Lampung untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas perusahaan dengan lebih mudah dan cepat.

Kolaborasi ini juga membuka kesempatan lebih luas bagi Telkomsel untuk menghadirkan SD-WAN dengan dukungan jaringan 5G pertama bagi segmen korporasi di Indonesia. Router SD-WAN dan teknologi konektivitas Peplink dibuat untuk memastikan kecepatan dan keandalan jaringan pada jaringan kabel atau seluler apa pun.

Dengan teknologi SpeedFusion yang menggabungkan beberapa jaringan WAN, akan membuat pelanggan terlindungi dari gangguan jaringan atau lonjakan latensi selama sedang menjalankan tugas penting. Semua router dapat dikelola dari jarak jauh cukup dari satu layar tunggal melalui cloud sehingga mampu menekan biaya operasional perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mudahkan Layanan Online di RS, Telkomsel Hadirkan Robocall


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading