6 Cara Buat Feed Instagram Kamu Menarik Layaknya Influencer

Tech - Tim, CNBC Indonesia
06 December 2021 11:52
Instagram

Jakarta, CNBC Indonesia - Mengupload konten atau foto di Instagram dengan menarik bisa jadi ladang cari cuan loh! Untuk mendapatkan insight, followers dan like yang banyak tentu Anda tidak bisa upload sesuatu di feed Instagram secara asal-asalan.

Tentunya ada sesuatu yang bisa dijadikan nilai jual untuk para pengguna instagram lainnya. Seperti feed instagram rapi dan fashionable sehingga orang lain tertarik untuk melihat akun Instagram mu. Semua influencer yang berhasil sukses memiliki nilai jual dari feed instagramnya.

Nilai jual tersebut tidak hanya berpatok pada satu instrumen saja. Melainkan sangat luas sehingga kamu harus mencari keunikan diri mu sendiri. Tapi yang pasti, untuk bisa merapikan profil Instagram, kamu harus membuat feed dari akun mu terlihat lebih niat dan menarik.


Feed Instagram bukan hanya bisa digunakan untuk sekedar upload foto atau video saja. Melankan kamu bisa menjadikannya sebagai alat personal branding. Karena postingan di feed Instagram akan mempengaruhi pandangan orang lain.

Cara Bikin Feed IG Lebih Menarik

Agar akun Instagram kamu terlihat lebih profesional dan menarik layaknya seorang influencer, ada beberapa tips yang bisa kamu praktikan. Yuk simak!

1. Menentukan Tema Feed

Langkah awal yang bisa kamu pikirkan adalah menentukan tema dari akun Instagram mu. Seperti contohnya adalah tema traveling, di mana kamu akan memposting foto atau video mengenai potret perjalanan mu saat traveling.

Atau tema fashion, di mana nantinya kamu bisa fokus mengupload foto mengenai outfit. Ada juga beberapa pengguna Instagram yang menggunakan akunnya untuk berbagi informasi seputar parenting, perempuan dan lain sebagainya.

2. Menentukan Grid Layout

Grid layout merupakan tata letang postingan kamu di feed Instagram. Hal ini bisa membantu dan memudahkan kamu untuk membuat akun Instagram mu terlihat lebih aesthetic dan konsisten. Ada beberapa grid layout yang bisa kamu aplikasikan:

  • Puzzle Feed: Teknik grid layout yang membuat postingan kamu di Instagram menyambung.
  • Tiles Feed: Teknik grid layout dengan postingan selang-seling, seperti foto dan quotes.
  • Horizontal Lines: Teknik yang memanfaatkan tiga baris horizontal feed untuk mengunggah tiga foto dengan tema yang sama.
  • Border: Teknik untuk menggunakan border yang sama pada setiap foto yang akan diunggah agar terkesan rapi dan beda dari yang lain.

3. Posting Dengan Resolusi Gambar HD

Tentunya postingan foto akan terlihat bagus di Instagram bila foto tersebut diambil dengan resolusi terbaik dan tidak buram. Untuk menghasilkan resolusi foto yang maksimal, kamu memang harus menggunakan kamera seperti DSLR atau mirrorless.

Namun, saat ini sudah banyak smartphone yang menyediakan kamera dengan hasil foto yang kualitasnya maksimal. Jangan lupa untuk mengatur pengaturan pada Instagram agar bisa mengunggah foto dengan resolusi HD, caranya:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Klik tab profil.
  • Pilih menu Pengaturan.
  • Klik menu Akun.
  • Klik Penggunaan Data.
  • Lalu aktifkan Unggahan Kualitas Tinggi.

4. Memilih Skema Warna Konsisten

Skema warna yang senada akan membuat feed Instagram mu lebih terlihat tertata rapi. Warna yang kamu pilih bisa menjadi ciri khas dari akun Instagram kamu. Contohnya, selalu ada aksen warna coklat di setiap foto atau mengunggah foto dengan filter yang sama.

Untuk menyamakan tone warna pada feed, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi-aplikasi edit foto.

5. Menerapkan Color Coordinate

Dengan menerapkan color coordinate juga bisa membantu membuat Instagram mu lebih rapi dan tertata. Jika sebelumnya dijelaskan untuk memilih tema warna yang sama, dengan menerapkan color coordinate kamu bisa memilih 2 - 3 warna yang akan digunakan pada postingan Instagram seterusnya.

6. Mengatur Tata Letak Foto

Tata letak konten bisa menjadi faktor penting untuk membuat feed Instagram terlihat lebih enak dipandang. Para konten kreator biasanya sudah tau foto mana yang akan terlihat bagus di samping satu sama lain.

Anda bisa mengatur urutan postingan atau tata letak sebelum mengunggah foto atau konten ke Instagram. Silahkan gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Preview. Jadi kamu bisa menyusun urutan posting yang cocok di Instagram

Itulah langkah-langkah untuk membuat feed Instagram kamu lebih menarik seperti para influencer. Yang perlu dipikirkan matang-matang adalah bagaimana caranya kamu menemukan identitas atau keunikan dari akun Instagram milik mu. Gunakan kreativitas mu semaksimal mungkin untuk menunjukkan branding diri yang menarik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

TikTok Salip Jumlah Pengguna Instagram


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading