Tencent Wajib Izin China Update Aplikasi, Ada Apa Xi Jinping?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 November 2021 17:40
foto : REUTERS/Jason Lee

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah laporan terbaru dari media CCTV menyebut Tencent harus mengantongi izin dari pemerintah China untuk pembaruan aplikasi. Jika lolos, aplikasi baru bisa diluncurkan.

Kebijakan ini setelah regulator menemukan sejumlah aplikasi yang dimiliki Tencent melakukan pelanggaran. Yakni mengenai aturan perlindungan data dalam beberapa tahun ini.

Laporan CCTV mengatakan Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China harus melakukan peninjauan aplikasi dan update yang dilakukan sebelum diluncurkan. Aktivitas perijinan ini akan memakan waktu tujuh hari.


Pihak Tencent juga sudah angkat bicara soal ini. Perusahaan mengatakan terus melakukan peningkatan pada fitur perlindungan penggunanya.

"Kami terus bekerja untuk meningkatkan fitur perlindungan pengguna dalam aplikasi kami, dan juga kerja sama rutin dengan lembaga pemerintah terkait untuk memastikan patuh pada peraturan," kata Tencent kepada CNBC Internasional, dikutip Jumat (26/11/2021).

"Aplikasi kami tetap berfungsi dan tersedia untuk didownload".

Pemerintah Xi Jinping memang gencar melakukan pengetatan aturan pada sektor teknologi dalam negeri. Beberapa waktu lalu, Beijing memperkenalkan sejumlah regulasi di industri ini dari antimonopoli hingga penggunaan algoritma.

Peraturan terbesar yang hadir salah satunya adalah mengenai undang-undang perlindungan data pribadi. Regulator sangat menyoroti soal cara perusahaan mengumpulkan dan memproses data. Proses ini menjadi sumber tindakan terbaru yang terjadi pada Tencent.

Bukan kali ini saja Tencent 'diganggu' dengan aktivitas pengetatan Tencent. Perusahaan juga terdampak pada aturan pembatasan permainan untuk anak usia di bawah 18 tahun.

Di bulan Agustus lalu, regulator memperkenalkan aturan membatasi anak 18 tahun ke bawah hanya tiga jam seminggu dan selama waktu yang ditentukan untuk bermain video game.

Saat itu, Tencent mengatakan dampak aturan hanya sebagian kecil pendapatan berasal dari pendapatan pemain.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading