Samsung & Xiaomi Tekuk Lutut, BBK Electronics Raja HP di RI!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 November 2021 07:05
Penjual gawai di ITC Kuningan. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Samsung dan Xiaomi sudah tidak jadi penguasa pasar smartphone Indonesia dari sisi pengiriman. Penguasa pasar Indonesia adalah BBK Electronics.

BBK Electronics adalah produsen asal China yang didirikan oleh Duan Yongping pada 1995 silam. BBK Electronics merupakan induk usaha dari OPPO dan Vivo.

Dari laporan Canalys terbaru untuk kuartal III-2021, Vivo berhasil memegang 23% market share dan menjadi yang pertama di tanah air. Capaian itu cukup mengejutkan, sebab Vivo sempat berada di urutan ke-5 pada kuartal sebelumnya dengan capaian 12%.


Sementara itu Oppo menyusul di belakangnya berada di urutan kedua. Perusahaan itu memiliki market share sebesar 22%. Pangsa pasar perusahaan memiliki nilai pertumbuhan minus 19%.

Menanggapi hal ini, Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma mengatakan karena dukungan beberapa hal. Mulai dari dukungan online store serta integrasi antara kanal modern dan tradisional.

"Di tengah pembatasan yang perlu dilakukan pada kuartal ketiga, channel tradisional Vivo yang tersebar di daerah berperan penting sebagai salah satu basis penjualan utama kami," terang Edy, dalam keterangannya, dikutip Selasa (16/11/2021).

Samsung ada di urutan ketiga, yakni dengan market share 18%. Perusahaan asal Korea Selatan ini jadi satu-satunya yang mengalami pertumbuhan positif tahunan sebesar 7%.

Berikutnya adalah Xiaomi berada diposisi keempat. Pangsa pasar perusahaan sebesar 16%, merosot dari 28% di kuartal II-2021 serta annual growth -18%. Terakhir adalah Realme dengan pangsa pasar 13%, naik dari 12% di kuartal sebelumnya. Angka pertumbuhannya -18%.

Untuk laporan Canalys secara global, Samsung bertengger di urutan pertama dengan pengiriman 68,4 juta atau naik 58 juta unit. Sementara market share dari 18% menjadi 24%.

Apple ada di belakang Samsung yang berada di urutan ketiga. Produsen iPhone berhasil menggeser Xiaomi berkat tren positif yang dibawa setelah debut iPhone 13 beberapa waktu lalu.

Apple melakukan pengiriman 49,2 juta uni dan market share 15%. Berhasil naik dari Q2 2021 yakni 45,7 juta dan 14% serta kuartal yang sama tahun lalu dengan 43,1 juta dan 12%.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading