Bos Apple iPhone Sarankan Pengguna Beli Android, Kok Bisa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 November 2021 15:35
Tim Cook, CEO Apple Inc./Doc.Apple

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Apple Tim Cook menyarankan pengguna untuk beli ponsel Android. Saran ini diberikan pada mereka yang ingin menggunakan fitur sideloading.

"Saya pikir orang-orang punya pilihan hari ini. Jika kamu ingin sideload, kamu bisa beli ponsel Android," kata dia, dikutip Times of India, Jumat (12/11/2021).

Dia membandingkannya dengan penggunaan sideloading dengan mobil yakni dijual tanpa airbag atau sabuk pengaman. Menurutnya terlalu berisiko untuk tidak menggunakan keduanya.


"Jadi itu bukan iPhone jika tidak memaksimalkan masalah keamanan dan privasi," ungkapnya.

Ini bukan kali pertama Apple mengkritik gagasan sideloading. Perusahaan diketahui selalu menentangnya, bahkan menerbitkan buku putih pada Oktober lalu. Buku tersebut berisi soal mengapa dan bagaimana sideloading berbahaya bagi pengguna.

Dalam beberapa kesempatan, alasan Apple menolak mengadopsi cara ini adalah untuk masalah keamanan. Perusahaan mengatakan sideloading membuat iPhone menjadi kurang aman dan tidak terpercaya.

Selain itu aplikasi yang masuk ke App Store dipastikan ditinjau dulu memastikan bisa dipercaya dan aman. Serta memaksa mendukung sideloading memungkinkan adanya aplikasi berbahaya dan tidak resmi bisa menjangkau pengguna dengan lebih mudah.

Lalu apa sebenarnya sideloading? Ini adalah fitur memungkinkan pengguna bisa mendownload dan menginstall aplikasi langsung ke smartphone dari internet terbuka dan tidak terdaftar di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store.

Google membuka kesempatan pengguna untuk melakukan hal ini. Di sisi lain perusahaan juga tetap memperingatkan pengguna menghindari menggunakan aplikasi dari app store pihak ketiga dengan alasan keamanan.

Peringatan yang sama juga diserukan oleh sejumlah perusahaan riset keamanan. Pengguna Android hanya boleh mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi yakni Google Play.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bikin Iri! Bos Apple Tim Cook Dapat Bonus Rp 10,8 Triliun


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading