Indogen Ungkap Prospek The Smith Jadi Ekosistem Untuk Startup

Tech - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
15 November 2021 14:13
Managing Partner of Indogen Capital, Chandra Firmanto di CNBC Indonesia Awards 2021 (Senin, 15/11/2021)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor properti turut mengambil peran untuk berkompetisi di tengah digitalisasi dengan menjadi ekosistem terpusat bagi perusahaan rintisan atau startup. Managing Partner of Indogen Capital, Chandra Firmanto mengatakan dengan dominasi gerenasi Z dan tengah terjadi transformasi digital, perusahaan properti juga harus bisa bertransformasi.

Salah satu ekosistem yang dikembangkan Indogen bersama salah satu perusahaan properti, yakni PT Triniti Dinamik Tbk (TRUE) melalui The Smith. Chandra menjelaskan The Smith adalah produk co-living yang cocok bagi generasi muda dan memberikan konsep bukan hanya sebagai tempat tinggal namun juga tempat kerja, terutama bagi startup.

"The Smith juga memberikan fasilitas podcast studio, Co-working space, dan juga ruang berbagi ilmu bagi mereka yang tengah membangun usaha," kata Chandra dalam CNBC Indonesia Awards 2021, Senin (15/11/2021).


Dia menambahkan, berbagai startup besar pun sudah tertarik untuk masuk ke ekosistem tersebut. Salah satunya GoWork, start-up Co-working space yang sudah tersebar di berbagai negara yang berencana masuk ke The Smith.

"Untuk The Smith kami juga secara rutin mengadakan event bersama demi membangun ekosistem digital yang lebih baik dengan orang-orang yang kompeten di bidangnya," kata dia.

"Kami optimis akan banyak hal bisa dilakukan di The Smith bagi ekosistem digital, apalagi Kominfo juga sudah memastikan dukungannya dan selama empat pekan berjalan animo masyarakat juga cukup tinggi," tambah Chandra.

Meski demikian, dia mengakui ada berbagai tantangan dalam pembangunan ekosistem ini, salah satu pemahaman tentang konsep ekosistem startup terpusat. Selain itu, bagaimana masyarakat bisa mengambil keuntungan dari kehadiran The Smith juga menjadi perhatian Indogen.

"Jadi bagaimana kehadiran Indogen bisa membantu ekosistem di sana dengan kemampuan Indogen sebagai venture capital agar bisa memberikan masukan agar bisa terjadi kerja sama dan juga membuka networking bagi para founder start-up," ujarnya.

Adanya ekosistem diharapkan menjadi pendukung investasi bagi startup dan perusahaan teknologi akan lebih masif ke depannya. Saat ini, ekosistem start-up tengah bergerak cepat karena optimis tahun depan akan lebih baik, setelah ketidakstabilan selama masa pandemi.

"Banyaknya startup baru, dan networking bisa dibantu di The Smith dengan mempertemukan startup dengan investor dan juga pemerintah," kata Chandra.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Strategi Investasi Indogen Dalam Ekosistem Teknologi Digital


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading