Survei Terbaru: 88% Pengguna Internet RI Pakai e-Commerce

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 November 2021 12:50
Ilustrasi peretasan jaringan internet Foto: CNBC

Jakarta, CNBC Indonesia - Berdasarkan laporan banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan layanan secara online. Termasuk di e-Commerce digunakan oleh 88.1% pengguna internet.

"88,1% pengguna internet menggunakan ecommerce, presentasi pertama di dunia menurut survey," kata Deputi Komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital, Imansyah dalam Opening Ceremony Bulan Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit 2021, Kamis (11/11/2021).

Ekosistem keuangan digital juga bermunculan, dengan Data OJK per Oktober 2021 yakni ada 104 fintech, 7 security crowdfunding serta 8 inovasi keuangan.


Dia menjelaskan fintech mampu mempercepat inklusi keuangan. Diharapkan platform yang ada tersebut dapat mewadahi transaksi di kelompok orang yang unbankable dan UMKM.

Literasi dan edukasi juga terus dilakukan oleh otoritas terkait. "Kami meningkatkan edukasi dan literasi keuangan seluruh lapisan keuangan," ungkapnya.

Imansyah juga menjelaskan meski membawa hal positif, teknologi juga menyimpan risiko mulai dari cyber crime, pelanggaran data pribadi hingga adanya praktik tidak berizin.

Menurutnya perlu meningkatkan peran serta dan juga meningkatkan literasi para masyarakat. Selain juga ada aturan yang bertanggung jawab, aman dan perlindungan konsumen.

Dalam kesempatan yang sama juga diluncurkan website www.fintech.id. Chairman Aftech, Pandu Sjahrir mengatakan laman tersebut untuk masyarakat bisa mengetahui apakah layanan yang digunakan resmi atau tidak.

Selain itu juga melakukan pengecekan rekening sebelum bertransaksi dengan perusahaan fintech.

"Kolaborasi dengan regulator memungkinkan masyarakat untuk mengetahui legal atau resminya, melakukan pengecekan rekening sebelum bertransaksi dengan fintek, literasi keuangan. Bisa jadi one stop shop yang ingin tahu lebih lanjut sebelum menggunakan fintech,"jelas Pandu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas Masuk Jurang Pinjol Ilegal, Ini Daftar 125 yang Resmi


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading