Cekfintech.id Meluncur, Tak Ada lagi Ruang Bagi Pinjol Ilegal

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 November 2021 11:15
Fintech

Jakarta, CNBC Indonesia - Cekfintech.id, sebuah situs untuk mengecek legalitas pinjaman online akhirnya meluncur, tepat di Bulan Fintech Nasional, Kamis (11/11/2021).

Kehadiran situs yang merupakan kerja sama antara Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) dan pemerintah ini diharapkan dapat menjadi acuan masyarakat sebelum melakukan peminjaman online.

"Ini bentuk komitmen untuk memberantas maraknya fintech ilegal," kata Asisten Gubernur/Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta, Kamis (11/11/2021).


Situs ini nantinya akan menampilkan daftar penyelenggara fintech dengan status tercatat, terdaftar, atau berizin dari BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Kominfo.

Deputi Komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital Imansyah mengatakan kehadiran cekfintech.id diharapkan menjadi sebuah rangkaian kegiatan edukasi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya keuangan digital.

"Tentu kita sangat berharap kegiatan ini berjalan lancar dengan menggunakan cekfintech.id yang aman dan nyaman," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading