Transisi ke Endemi, Menkes Kaji 3 Obat Antivirus Covid-19

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 October 2021 17:03
Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas “Evaluasi PPKM

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Indonesia sedang menjajaki obat-obatan antivirus Covid-19 yang ramai dibicarakan di media massa. Obat tersebut adalah Molnuvirapir, AT-257 dan proxalutamide.

"Obat-obatan yang menjanjikan terus kita monitor perkembangannya. Obat-obatan ini sudah masuk uji klinis tahap tiga. Kita menawarkan diri agar uji klinisnya dilakukan di Indonesia sehingga kita tahu kecocokannya dengan masyarakat," ujar Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers digital di Jakarta, Senin (18/10/2021).

Budi Gunadi Sadikin menambahkan dengan adanya obat-obatan antivirus dan vaksinasi Covid-19 maka Indonesia akan memasuki transisi pandemi menjadi Endemik di Indonesia.


"Dengan laju penyuntikan 2,2 juta dosis vaksin Covid-19 per hari diperkirakan sampai akhir tahun kita bisa mendekati 300 juta suntikan dan 168 juta rakyat sudah bisa suntik dari target 208 juta," terangnya.

Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus Covid-19 di Indonesia cukup terkendali di Indonesia. Terjadi penambahan di bawah 1.000 kasus per hari dan kasus aktif mencapai 18.000 kasus saat ini.

"Jika kondisi ini terus dipertahankan bukan tidak mungkin pada Januari tahun depan kita akan masuk dari pandemi menjadi endemik," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading