Pesan Misterius Teror Pengguna Android, Jangan Klik!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 October 2021 07:25
Infografis/Hapus Segera dari ponselmu, 19 aplikasi  foto editor ini disusupi virus  jahat!/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Terdapat virus jahat bernama FluBot yang menyerang perangkat Android. Malware ini akan menginfeksi melalui pesan teks dan berubah menjadi mata-mata (spyware).

Laman BGR melaporkan pada pesan yang diterima itu akan terdapat link yang saat diklik akan meminta download aplikasi. Sayangnya aplikasi itu phishing yang mengandung Flubot.

Setelah izin dikantongi, Proofpoint mengatakan malware akan bertindak seperti Spyware dan spammer SMS. Bahkan virus jahat itu bisa mencuri kredensial kartu kredit dan perbankan.


BGR menambahkan untuk menghindari resiko, yakni dengan melakukan pembatasan interaksi pada saat mengirimkan barang. Caranya dengan hanya melalui situs web resmi pengiriman saja.

Para pengguna juga diingatkan untuk tidak menekan link dalam teks dan menghapus pesan mencurigakan tersebut. Pengguna harus menggunakan layanan keamanan pada masing-masing.

Serangan menggunakan FluBot dikabarkan sempat menurun pada awal tahun ini. Namun kembali mentereng di banyak negara Eropa termasuk Inggris, Jerman, Hongaria, Italia, Polandia, dan Spanyol. Malware tersebut kemungkinan telah menyerang juga pengguna di Amerika Serikat (AS).

Meski disebut serangan ini mengancam perangkat Android, namun perangkat Apple juga tak lepas dari serangan FluBot.

"Pengguna perangkat Apple saat ini tidak beresiko, meski pesan teks penipuan masih bisa mengarahkan ke situs web penipuan yang mungkin mencoba mencuri informasi pribadi," tulis peringatan di Inggris, dikutip BGR, Selasa (5/10/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading