Samsung Pedekate Sama Tesla, Mau Bikin Mobil Otonom?

Tech - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
24 September 2021 14:27
Tesla. (AP/John Locher)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Electronics tengah melakukan pembicaraan dengan Tesla, untuk membuat chip self-driving Tesla generasi berikutnya berdasarkan proses produksi chip 7 nanometer Samsung.

Menurut keterangan sumber, sejak awal tahun Tesla dan Samsung telah membahas desain chip beberapa kali dan bertukar prototipe chip untuk komputer self-driving Hardware 4 Tesla yang akan datang.

Dilansir dari Reuters, baik Samsung menolak berkomentar dan Tesla pun tidak memiliki tanggapan segera. Jika Samsung memenangkan pesanan tersebut, maka perusahaan akan membuat chip pada proses produksi 7 nanometer. Saat ini Samsung pun sudah memproduksi chip di komputer Hardware 3 Tesla.


Bos Tesla Elon Musk mengatakan dalam acara AI Day perusahaan pada bulan Agustus, bahwa Tesla akan memperkenalkan perangkat keras baru untuk komputer self-driving untuk truk pick-up listrik Cybertruck dalam kurun satu satu tahun atau lebih.

Menurut TrendForce dalam industri manufaktur kontrak chip, Samsung berada di urutan kedua setelah TSMC yang memiliki 52,9% pangsa pasar dibandingkan dengan 17,3% Samsung pada akhir Juni.

Sebelumnya, di tengah peta persaingan produsen mobil listrik global tampaknya bakal semakin semarak. Baru-baru ini, Elon Musk melontarkan pujian terhadap produsen kendaraan listrik asal China. Musk menyebut, para produsen mobil listrik di China sebagai perusahaan paling kompetitif di dunia.

"Saya sangat menghormati banyak pembuat mobil China yang mendorong teknologi (EV) ini," kata Musk.

Musk memuji Negeri Tirai Bambu lantaran negara tersebut sangat memiliki andil penting bagi perusahaan mobil listrik yang didirikannya, Tesla.

Pasalnya, sampai dengan Agustus Tesla sudah menjual sebanyak 44.264 kendaraan listrik yang diproduksi di China, termasuk 31.379 untuk ekspor. Angka Itu meningkat dari penjualan pada Juli sebanyak 32.968 kendaraan dan Juni sebanyak 33.155 unit yang terjual.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading