Internasional

Tesla-GM-Ford Disalip! Startup Ini Mulai Jualan Pikap Listrik

Market - Riri Akadafi, CNBC Indonesia
15 September 2021 13:50
Rivian/AP Photo/Paul Sancya

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan start-up AS yang bergerak di bidang teknologi kendaraan listrik (electronic vehicle/EV) Rivian berhasil mengalahkan Tesla, Generals Motor dan Ford sebagai pembuat mobil pertama yang berhasil membawa mobil pikap listrik ke pasar konsumen.

Pendiri dan CEO Rivian, RJ Scringe melalui cuitannya-nya pada Selasa waktu AS (14/9) mengungkapkan pikap Rivian R1T pertama tersebut telah selesai melalui proses perakitan di pagi hari di Pabrik Normal, Illinois.

"Setelah satu bulan sebelum masa produksi, pagi ini produksi pertama kami telah di mulai, ini merupakan hasil kerja dari tim kami, kami tidak sabar menunggu sampai mobilnya tiba ditangan pembeli," kata RJ Scringe, dikutip CNBC International, Rabu (15/9).


Seorang juru bicara Rivian menegaskan bahwa kendaraan yang diproduksi siap untuk dijual. Akan tetapi ia masih belum mau membocorkan mengenai rencana perusahaan untuk meningkatkan produksi, termasuk berapa banyak mobil pikap yang akan di produksi serta siapa yang akan menjadi pelanggan pertama yang akan menerima mobil tersebut.

Di awal masa produksi memang sempat tertunda beberapa minggu setelah perusahaan yang didukung Amazon dan Ford Motor itu mengajukan draf formulir pendaftaran untuk pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO).

Rivian diharapkan dapat menjadi produsen pertama yang membuat mobil pikap listrik pada tahun depan.

Sementara Generals Motor diproyeksikan akan meluncurkan pikap GMC Hummer EV pada musim gugur ini.

Berikutnya diikuti pada tahun depan, oleh start-up EV Lordstown Motors, Ford dan kemudian Tesla yang baru-baru ini menunda pengiriman Cybertruck-nya dari tahun ini hingga akhir 2022.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading