Duh! "Mesin Cuan" Bitcoin Cs Bikin Masalah Baru Bagi Bumi

Tech - NBP, CNBC Indonesia
23 September 2021 06:45
High-end graphic cards are installed in a cryptocurrency mining computer at a computer mall in Hong Kong, China January 29, 2018. Picture taken January 29, 2018.  REUTERS/Bobby Yip

Jakarta, CNBC Indonesia - Limbah elektronik yang dihasilkan oleh penambangan Bitcoin ternyata mencapai ribuan ton. Bahkan disebut jumlah limbah elektronik e-waste sebanding dengan limbah peralatan IT kecil.

Menurut perkiraan Alex de Vries dan Christian Stoll, penambang uang kripto itu menghasilkan 30.700 ton limbah elektronik, dikutip dari BBC, Kamis (23/9/2021).

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Resource, Conservation & Recycling, Rata-rata sampah yang dihasilkan ada 272 gram (9,5 oz) per transaksi. Sebagai contoh, iPhone 13, perangkat teranyar dari Apple punya berat hanya 173 g.


Penambang mungkin menghasilkan uang dengan menambang, namun kegiatan ini ternyata menghabiskan banyak energi. Sebagai contoh penggunaan listrik dan polusi gas rumah kaca di Filipina lebih tinggi dengan kegiatan ini.

Penyebabnya adalah komputer yang digunakan menambang menjadi lebih cepat usang dan akhirnya menjadi limbah elektronik. Para peneliti mengungkapkan perangkat yang digunakan untuk menambang hanya berusia rata-ata 1,29 tahun.

Selain itu komponen utama dalam penambangan adalah listrik jadi harus menggunakan prosesor lebih efisien. Saat ini ada perpindahan ke chip khusus yang disebut Sirkuit Terpadu Khusus Aplikasi (ASIC).

"Sayangnya ASIC sangat terspesialisasi sehingga ketika menjadi usang, mereka tidak dapat digunakan kembali untuk tugas lain atau bahkan jenis algoritma penambangan cryptocurrency lainnya," tulis para peneliti.

Namun sebenarnya limbah elektronik bekas penambangan yang terdiri dari komponen seperti pelapis logam dan aluminium bisa didaur ulang. Ada lebih dari 1717% limbah elektronik di global yang bisa didaur ulang.

Lebih lanjut penelitian juga menyebutkan jumlah sampah yang didaur ulang mungkin lebih sedikit di sejumlah negara dengan jumlah penambang Bitcoin yang banyak. Selain itu, pada banyak kasus peraturan tentang limbah elektronik juga buruk.

Para peneliti juga menyebut perputaran perangkat dan juga chip yang begitu cepat dapat mengganggu rantai pasokan global sejumlah perangkat elektronik lain. Buktinya di global saat ini banyak industri yang mengalami kekurangan chip.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading