Investor Grab & GoTo Suntik Perusahaan Menkeu Trump, Kenapa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 September 2021 19:35
Belum Ada Batas Waktu Nego Dagang AS - China

Jakarta, CNBC Indonesia - Vision Fund milik Softbank Group baru saja berinvestasi pada ekuitas swasta milik mantan Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin. Vision Fund merupakan investor Grab dan GoTo, startupĀ Asia Tenggara.

Dalam laporan Financial Times (FT), investasi tersebut sebesar US$2,5 miliar atau sekitar Rp 35,6 triliun, dikutip Reuters, Rabu (22/9/2021).

Liberty Strategic Capital baru saja diluncurkan awal tahun ini. Belum lama ini juga telah mengumpulkan dana dari Timur Tengah termasuk Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi.


Pendanaan ini akan berfokus untuk layanan dan teknologi keuangan. Dalam pernyataannya kepada FT, Softbank telah mengonfirmasi investasi tersebut.

Salah seorang sumber menyebut keputusan Softbank berinvestasi dipengaruhi oleh PIF Arab Saudi. Dana negara ini diketahui dikelola oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

FT menulis tidak jelas persis berapa banyak Softbank berkontribusi pada pendanaan. Namun menurut Bloomberg, sebagian besar pendanaan Mnuchin berasal dari Timur Tengah tersebut.

Mnuchin menjalin hubungan dekat dengan sejumlah negara Timur Tengah saat masih menjabat di pemerintahan. Bahkan perjalanan luar negeri terakhirnya, sekitar Januari lalu juga mengunjungi Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab dan Kuwait.

Mnuchin juga pernah bertemu dengan Pangeran Mohammed pada akhir Oktober 2018. Saat itu bersamaan juga muncul kemarahan publik internasional atas pembunuhan Jamal Kashoggi.

Sementara itu, pihak Liberty Strategic menolak mengomentari soal pendanaan itu. Perusahaan hanya menyebut memiliki basis investor yang beragam.

"Perusahaan tidak diizinkan untuk mengomentari pendanaan yang berlangsung, namun perusahaan memiliki investor yang beragam termasuk perusahaan asuransi AS, perusahaan keluarga, dana kekayaan negara serta investor institusional lain," jelas Liberty Strategic.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading