Vaksin Covid-19

Good News! Vaksin Pfizer Diklaim Aman untuk Anak 5-11 Tahun

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
20 September 2021 20:02
INFOGRAFIS, Syarat dan Lokasi Mendapatkan Vaksin Pfizer Di Jakarta

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 produksi Pfizer/BioNTech dikabarkan telah lolos tes uji untuk kalangan usia 5 hingga 11 tahun. Bahkan, antibodi yang terbentuk setelah suntikan vaksin itu dianggap setara dengan antibodi kelompok usia yang lebih tua.

Mengutip The Guardian, Senin (20/9/2021), uji tersebut sendiri dilakukan dengan melibatkan 2.268 peserta. Dalam uji itu, takaran dosis yang diberikan merupakan sepertiga dari takaran dosis orang dewasa.

"Dua suntikan dosis 10 mikrogram menghasilkan tingkat antibodi yang sebanding dengan yang terlihat dalam uji coba di kelompok usia 16 hingga 25 tahun," demikian pernyataan perusahaan itu.



Selanjutnya, Pfizer berencana akan mengirim data hasil uji tersebut kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) dan Regulator Obat-obatan Eropa (EMA). Targetnya, dua regulator itu akan memberikan izin penggunaan darurat bagi kelompok usia 5-11 tahun.

Di AS, tekanan untuk memberikan vaksin bagi kelompok usia anak-anak semakin kencang berembus. Sebab, pembatasan bagi kelompok warga yang tidak tervaksinasi menyulitkan orang tua untuk membawa anaknya dalam perjalanan antarnegara bagian.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, salah satu pejabat tinggi FDA Peter Marks mengatakan, FDA meminta perusahaan pembuat vaksin memperluas uji coba pediatrik mereka tiga atau empat kali agar data keamanan semakin teruji.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading