Kisah Alibaba Cloud Bantu Kembangkan Startup Indonesia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 September 2021 13:40
Leon Chen, Country Manager of Alibaba Cloud Indonesia di acara CNBC Indonesia Tech Conference

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah startup di Indonesia ternyata menggunakan Alibaba Cloud. Layanan tersebut membantu mengembangkan operasional para perusahaan termasuk saat era pandemi.

Country Manager Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen mencontohkan Kopi Kenangan yang menggunakan layanan Cloud dari perusahaan. Teknologi tersebut membantu meningkatkan operasional internal dan mengoptimalkan supply chain.

"Membantu Kopi Kenangan untuk meningkatkan operasi internal dan mengoptimalkan rantai pasokan. Dengan begitu bisa lebih baik lagi," kata Leon dalam Tech Conference 2021 CNBC Indonesia, Rabu (15/9/2021).


Klien lain adalah Dana, yang merupakan salah satu e-wallet di Indonesia. Dengan menggunakan layanannya, Leon menyebut Dana bisa berfokus pada membuat pengalaman terbaik untuk pengguna.

Selain itu merchant juga bisa mendapatkan update secara real time melalui dashboard. Alibaba juga membantu Dana membangun sistem keamanan yang kuat.

"Termasuk web application firewall dan DDOS, dan Alibaba Cloud Security Center," kata dia.

Selain itu Alibaba Cloud juga menyediakan layanan bagi Olimpiade 2020 serta industri lain termasuk media.

Alibaba Cloud pada awalnya dibangun untuk konsumen domestik di China. Lalu berkembang ke luar China termasuk di Indonesia.

Leon mengatakan, Alibaba Cloud telah membuka data center pertamanya di tanah air tahun 2018. Ini menjadikan pihaknya menjadi yang pertama meluncurkan data center di Indonesia.

""Kami merupakan layanan cloud publik terkemuka pertama yang meluncurkan data center di Indonesia, diikuti dengan (data center) yang kedua di 2019," kata Leon.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading