Terungkap! Ini Sejumlah Tools Buat Gandakan Omzet Online Shop

Tech - dob, CNBC Indonesia
14 September 2021 12:50
Tech Conference 2021, Chief Marketing Officer blibli.com, Edward K Suwignjo

Jakarta, CNBC Indonesia- Chief Marketing Officer BliBli.com Edward Kilian Suwignjo memaparkan sejumlah alat atau tools yang bisa digunakan oleh UMKM untuk melipatgandakan omzet.

Berbicara dalam CNBC Indonesia Tech Conference, Edward mengatakan bahwa dunia digital memiliki banyak tools yang bisa digunakan untuk meningkatkan pendapatan. "Yang terpenting bahwa pedagang UMKM bisa dibantu memastikan mengenali semua fitur yang bisa dimanfaatkan. Di BliBli ada tim sendiri yakni bisnis relation yang membantu penjual online mengenali," ujar Edward.

Dia mencontohkan di BliBli ada kode promosi yang beragam. Rata-rata UMKM yang menggunakan transaksi ini mengalami kenaikan penjualan hingga 3x lipat. Selain itu, ada fitur digital ads atau iklan digital yang bisa menaikkan penjualan hingga 5 kali lipat.


"Kemudian ada promo-promo, flash sale dan lain-lain. Ada juga broadcast chat juga bisa menginfokan jualannya," ujarnya.

Edward menambahkan selain toko online, BliBli juga mengembangkan program kemitraan yang telah memiliki sebanyak 45 ribu mitra dari Aceh sampai Papua. Mitra ini adalah toko ritel yang berfungsi sebagai channel penjualan dan memperluas area di luar online.

"Mitra ini bisa online dan offline. sehingga penetrasi merchant bisa menyasar Aceh sampai Papua," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Edward mengatakan UMKM pada dasarnya menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, sebanyak 99% entitas usaha di Indonesia berbentuk UMKM, yang memiliki kontribusi 60% dari produk domestik bruto (PDB) nasional.

"UMKM pentingnya sangat vital contohnya adalah 77% UMKM sebetulnya mempekerjakan masyarakat sekitar. Mereka kontribusi terciptanya lapangan kerja Hingga 5 orang dari masing-masing UMKM," ujar Edward.

Lebih lanjut dia memaparkan sebuah studi terbaru yang menyatakan hanya 20% UMKM yang memiliki literasi digital yang baik. "Padahal dari studi yang sama, UMKM masuk ke e-commerce, kenaikan pendapatan dibanding mereka offline," ujarnya.

"Belum banyaknya UMKM masuk e-commerce, ini tantangan. Bayangkan, UMKM masuk ke online ke platform e-commerce dan membuka lapangan kerja. Sehingga potensi pendapatan sangat besar," tambah Edward.

Edward menegaskan bahwa Blibli bukan memiliki tujuan agar UMKM bisa masuk ke e-commerce. "Tujuan kami adalah memastikan bahwa UMKM yang masuk ke e-commerce bisa sukses," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading