CMO BliBli: UMKM Masuk e-Commerce Pendapatan Langsung Naik

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
14 September 2021 12:01
Tech Conference 2021, Chief Marketing Officer blibli.com, Edward K Suwignjo

Jakarta, CNBC Indonesia- Chief Marketing Officer BliBli Edward Kilian Suwignjo menyatakan bahwa UMKM yang masuk ke e-commerce pendapatan langsung meningkat, dibandingkan terus bertahan di offline store. Padahal, baru 20% UMKM yang memiliki literasi digital yang baik.

Berbicara dalam CNBC Indonesia Tech Conference, Edward menjelaskan UMKM pada dasarnya menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, sebanyak 99% entitas usaha di Indonesia berbentuk UMKM, yang memiliki kontribusi 60% dari produk domestik bruto (PDB) nasional.

"UMKM pentingnya sangat vital contohnya adalah 77% UMKM sebetulnya mempekerjakan masyarakat sekitar. Mereka kontribusi terciptanya lapangan kerja Hingga 5 orang dari masing-masing UMKM," ujar Edward, Selasa (14/9/2021).


Lebih lanjut dia memaparkan sebuah studi terbaru yang menyatakan hanya 20% UMKM yang memiliki literasi digital yang baik. "Padahal dari studi yang sama, UMKM masuk ke e-commerce, kenaikan pendapatan dibanding mereka offline," ujarnya.

"Belum banyaknya UMKM masuk e-commerce, ini tantangan. Bayangkan, UMKM masuk ke online ke platform e-commerce dan membuka lapangan kerja. Sehingga potensi pendapatan sangat besar," tambah Edward.

Edward menegaskan bahwa Blibli bukan memiliki tujuan agar UMKM bisa masuk ke e-commerce. "Tujuan kami adalah memastikan bahwa UMKM yang masuk ke e-commerce bisa sukses," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading