Serbuan Produk Impor Via E-commerce, Ini Kata Blibli

Tech - yun, CNBC Indonesia
14 September 2021 13:08
Chief Marketing Officer blibli.com, Edward K Suwignjo Foto: Chief Marketing Officer blibli.com, Edward K Suwignjo

Jakarta, CNBC Indonesia - Blibli sebagai salah satu e-commerce buatan Indonesia menegaskan bahwa pihaknya mendukung dan mendorong penjualan produk lokal.

"Blibli mendorong, ecommerce asli Indonesia, fokus kami untuk kepentingan Indonesia," ujar CMO BlibliDotCom, Edward K Suwignyo dalam TECH CONFERENCE 2021 "Future 5G, Global Connectivity, Cloud Computing & Internet Of Things" Selasa, (14/9/2021).

Guna terus mendukung produk lokal ini, di tengah derasnya serbuan produk impor, Blibli mengikuti aturan penjualan yang berlaku di Indonesia. Misalnya terkait kelengkapan dokumentasi hingga regulasi.


"Fokus utama ini. Pertumbuhan ekonomi bukan hanya sekedar penjualan besar tapi apa impact nya untuk Indonesia," tegasnya.

Dia juga menegaskan, upaya yang dilakukan Blibli guna mendorong produk lokal ini dilakukan secara menyeluruh. Ketika bicara UMKM, Blibli akan fokus, sampai di titik apalah UMKM tersebut bisa meraih kesuksesan atau tidak.

"Mereka sukses, tujuan itu sehingga bisa mengembangkan bisnis di Indonesia," tuturnya.

Melalui program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diusung pemerintah, salah satunya, Blibli memiliki 1 kategori yaitu galeri Indonesia. Ini merupakan area showcase produk Indonesia.

"Banyak momen dan di-display karya UMKMĀ Indonesia. Supaya konsumen bisa menyadari buatan UMKM RI makin baik, untuk mendorong adopsi supaya pembeli melihat," terangnya.

Dia juga mengatakan, bahwa UMKM yang masuk ke e-commerce pendapatan langsung meningkat, dibandingkan terus bertahan di offline store. Padahal, baru 20% UMKM yang memiliki literasi digital yang baik.

Edward menjelaskan UMKM pada dasarnya menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, sebanyak 99% entitas usaha di Indonesia berbentuk UMKM, yang memiliki kontribusi 60% dari produk domestik bruto (PDB) nasional.

"UMKM pentingnya sangat vital contohnya adalah 77% UMKM sebetulnya mempekerjakan masyarakat sekitar. Mereka kontribusi terciptanya lapangan kerja Hingga 5 orang dari masing-masing UMKM," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading