Menkes Ngaku RI Bobol Varian Delta dari Angkutan Barang Laut

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 September 2021 14:20
Keterangan Pers Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, 2 Agustus 2021 (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Indonesia harus menjaga perbatasan termasuk pintu masuk internasional agar tidak lagi kebobolan masuknya varian Covid-19 yang membuat lonjakan kasus di tanah air.

Pria yang biasa disapa BGS ini mengungkapkan Indonesia agak kebobolan dalam Covid-19 varian Delta di mana pemerintah tidak menjaga dari sisi laut. Pintu masuknya dari Dumai (Riau) dan Cilacap (Jawa Tengah).

"Kemarin [varian] Delta kita agak kebobolan karena kita lupa menjaga dari sisi lautnya sehingga banyak kapal pengakutan barang yang masuk ke Indonesia dari India. Kru-nya pada saat mendarat di Indonesia turun sehingga menular," ujarnya saat Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).


BGS menambahkan pintu masuk Indonesia dari udara relatif memiliki tes yang bagus. Hampir semua bandara kecuali Kuala Namu (Sumatera Utara) memiliki testing bagus.

"Hal yang perlu diperhatikan dengan ketat testing untuk pintu-pintu masuk darat dan laut terutama tempat banyak trafik masuknya. Darat contohnya di Kupang, Motaain, dan Kalimantan Utara. Laut beberapa contoh yang perlu diperbaiki dari Batam. Bakal monitor," terangnya.

Informasi saja, pada Juli dan Agustus lalu Indonesia mengalami lonjakan infeksi Covid-19 di mana varian Delta menjadi yang paling dominan menginfeksi penduduk Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading