Sistem Kerja 996 yang Dipakai Alibaba Cs Kini Dilarang China

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 August 2021 06:55
China

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa perusahaan teknologi di Cina diketahui mengadopsi sistem kerja 996. Bahkan nama besar mulai dari Alibaba, Pinduoduo, Kuaishou hingga Huawei Technologies Co ikut menerapkan sistem kerja tersebut.

Namun kini sistem 996 terlarang di China. Adalah Pengadilan tinggi China yang menetapkan sistem 996 ini ilegal karena melanggar UU Ketenagakerjaan di mana jam kerja standar adalah delapan jam per hari dan maksimal 44 jam kerja per minggu.

Bahkan Pengadilan tinggi China dan Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial menerbitkan pedoman dan contoh dari apa yang disebut sebagai kerja lembur.


"Pekerja berhak atas remunerasi, istirahat dan liburan sesuai dengan hukum dan merupakan kewajiban hukum pengusaha untuk mematuhi sistem kerja nasional," ungkap kedua departemen dalam keterangan resminya, dikutip dari Global Times, Selasa (31/8/2021).

Sistem kerja itu menggambarkan jadwal kerja yang ditetapkan selama 12 jam per hari dan 6 hari seminggu. Waktu bekerja ditetapkan dari 9 pagi hingga 9 malam.

Sejumlah perusahaan teknologi China yang baru dibangun sistem kerja 996 ini dilakukan dengan sukarela. Menurut perusahaan tersebut, jam kerja panjang merupakan bentuk kerja keras mencapai kesuksesan berbisnis.

Para karyawan diminta dapat bekerja berjam0jam untuk menunjukkan komitmen serta dedikasi pada perusahaan.

Sistem kerja 996 jadi aturan tak tertulis d sejumlah perusahaan. Para karyawan harus terus bekerja walaupun jam kerjanya sudah selesai, seperti dikutip South China Morning Post, Selasa (31/8/2021).

Kondisi kerja berat itu akhirnya membuat banyak media dan para pengguna Internet mengaitkan kasus kematian pada banyak pekerja. Menurut mereka ini disebabkan beban kerja yang terlalu berat.

Sejumlah kematian dilaporkan, salah satunya pada 2015 saat seorang pengembang dari Tencent diketahui pingsan dan meninggal. Padahal saat itu dia sedang berjalan dengan istrinya yang sedang hamil.

Berselang satu tahun kemudian, wakil pemimpin redaksi form online Tianya berusia 34 tahun mengalami serangan jantung fatal di stasiun kereta bawah tanah Beijing. Lalu tahun 2018, pekerja berusia 25 tahun di DJI meninggal karena serangan jantung.

Sayangnya tidak ada satupun perusahaan teknologi besar di China karena mereka mendorong bahkan mekasa karyawan bekerja dengan jam kerja yang lebih lama.

Bahkan dikabarkan pemilik Alibaba, Jack Ma mendukung sistem kerja 996. Menurutnya sistem kerja lama itu merupakan sebuah kerja keras dan dapat membawa seseorang pada kesuksesan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading