Hari ini RI Kedatangan 1,56 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Pfizer

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
19 August 2021 06:00
A vial of the Pfizer-BioNTech vaccine for COVID-19 sits on a table at Hartford Hospital, Monday, Dec. 14, 2020, in Hartford, Conn. (AP Photo/Jessica Hill)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Republik Indonesia akan menerima kedatangan vaksin Covid-19 Pfizer pada hari ini. Berdasarkan agenda yang diterima CNBC Indonesia dari Tim Komunikasi Publik Kominfo dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), vaksin itu akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (19/8/2021) sore.

Jumlah dosis vaksin diterima Indonesia mencapai 1.560.780 dosis. Itu merupakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-38.

Selain itu, pemerintah juga akan menerima kedatangan vaksin tahap ke-39 berupa 450.000 dosis vaksin donasi Pemerintah Kerajaan Belanda dan 567.500 dosis vaksin yang berstatus direct purchase.

Keterangan pers akan disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, dan Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert C. Grijns.



Seperti diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan emergency authorization atau izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin Pfizer guna melawan Covid-19 di Indonesia pada bulan lalu. Vaksin Pfizer akan menjadi vaksin dengan platform mRNA kedua yang diberikan izin pakai oleh BPOM setelah pekan sebelumnya lembaga ini menerbitkan izin penggunaan darurat pada vaksin Moderna. Efikasinya mencapai 95%.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan, vaksin ini bisa diberikan kepada remaja 12 tahun ke atas dengan dua kali penyuntikan dengan rentang waktu selama tiga minggu. Vaksin ini memiliki spesifikasi yang khusus penyimpanan khusus dengan temperatur minus 60-90 derajat celcius. Pfizer sudah menyediakan alat khusus.

Efek samping yang paling sering dirasakan adalah nyeri, kelelahan, sakit kepala, nyeri sendi dan demam. Efek itu dapat ditoleransi dengan baik.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading