Siap-siap! Vaksin Merah Putih Diproduksi Semester I-2022

Tech - yun, CNBC Indonesia
18 August 2021 13:55
Vaksin Covid-19 Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia siap diproduksi massal pada semester 1-2022.

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia siap diproduksi massal pada semester 1-2022.

"Target memproduksi vaksin merah putih pada semester 1-2022. Tentu dengan pendampingan pengawasan dari BPOM kami bertekat tak hanya jadi pelopor tapi juga mendorong kemandirian bio farmasi di RI," ujar Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals, Sudirman dalam Konferensi Pers Penyerahan Sertifikat CPOB kepada PT Biotis secara virtual, Rabu (18/8/2021).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito menegaskan bahwa pihaknya telah memberikan sertifikat Cara Produksi Obat yang Baik (CPOB) kepada PT Biotis.


"PT Biotis akan melaksanakan pengembangan dan produksi dari vaksin merah putih. Ini adalah tahap yang penting dalam merespon dan merespon herd immunity," katanya.

Dia mengatakan, PT Biotis merupakan perusahaan swasta farmasi pertama di Indonesia yang mengembangkan vaksin. Biotis juga menjadi perusahaan farmasi kedua setelah Bio Farma yang mengembangkan vaksin di Indonesia.

"Ke depan betul-betul industri farmasi vaksin akan terus membanggakan," tegasnya.

Selanjutnya, Ketua Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof. Fedik Abdul Rantam mengungkapkan tahapan vaksin merah putih. Saat ini, pengembangan vaksin tersebut sudah pada tahap uji pre klinik 1 dan 2.

"Hasilnya yang 1 baik. Termasuk toksisitasĀ dan pendekatan respon imun juga selular dan hasil menjanjikan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alasan BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin AstraZeneca di RI


(yun/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading