Weibo Hapus Peringkat Selebriti Bermasalah: Ada Kris Wu Juga!

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 August 2021 14:55
Chinese actor Kris Wu poses for photographers upon arrival at Burberry's Autumn/Winter 2017 fashion show, part of London Fashion Week in London, Monday, Feb. 20, 2017. (Photo by Joel Ryan/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sina Weibo, sebuah situs media sosial asal China, memastikan akan menghapus daftar akun yang memberi peringkat selebriti bermasalah atau melanggar pedoman. Platform itu ingin mengendalikan promosi budaya selebriti yang tidak layak diberitakan untuk melindungi anak-anak.

Pengumuman itu datang beberapa jam setelah surat kabar People's Daily dari China menerbitkan sebuah editorial yang mengkritik platform yang mengutamakan traffic dan membuat selebriti yang tidak layak semakin menarik perhatian. Kendati demikian, editorial itu tidak menyebut perusahaan manapun.

Mengutip Techon News, Weibo mengatakan keputusan itu sebagai akibat dari 'bantuan' irasional yang ditunjukkan beberapa pengikut untuk sang selebriti.

"Daftar tidak dapat menggambarkan pengaruh sosial bintang secara komprehensif dan objektif dan tidak mencegah interaksi yang sehat antara bintang dan pengikutnya," kata perusahaan tersebut dalam pernyataan tersebut. Daftar itu tidak terlihat di online sejak Jumat (6/8/2021).




Editorial itu muncul setelah penyanyi pop berdarah Kanada-China, Kris Wu, ditahan oleh polisi atas tuduhan pelecehan seksual pada wanita di bawah umur. Kasus Wu telah menarik perhatian secara luas di China dan dilihat sebagai indikasi eksesif dalam bisnis.

Akun resmi pemilik nama asli Wu Yi Fan dan labelnya pun sudah dihapus bahkan tak lagi dapat diakses di Weibo. Bahkan, sebagian besar lagu Kris Wu, telah dihapus dari situs streaming musik.

Selain Weibo, ada beberapa platform yang tersebar luas di China di mana penggemar bekerja sama dengan selebritas, seperti Bilibili Inc, Kuaishou Technology, dan Douyin yang didukung ByteDance.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading