4 Miliar Vaksin Covid-19 Telah Disuntikkan, UEA Terdepan

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
29 July 2021 19:52
Taspen Gelar Vaksinasi Anak (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program vaksinasi Covid-19 di dunia telah mencapai babak baru. Saat ini tercatat sebanyak empat miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di seluruh dunia.

Dikutip AFP, perkembangan vaksinasi sendiri disebut sedikit melambat, dengan durasi 30 hari dari tiga menuju empat miliar. Sebelumnya dibutuhkan 140 hari dari nol ke satu miliar, 40 hari dari satu ke dua miliar, dan 26 hari dari dua ke tiga milar.

Dalam tingkatan per negara, Uni Emirat Arab (UEA) memimpin program penyuntikan vaksin di dunia dengan rasio 168 dosis penuh per 100 penduduk. Hal ini membuat program vaksinasi negara Petro Dollar itu sudah hampir mencakup 70% populasi.


Setelah UEA, Uruguay dan Bahrain menduduki posisi kedua dan ketiga dengan rasio 137 dan 134 dosis penuh per 100 penduduk. Kedua negara itu diketahui telah memvaksinasi hampir 60% populasi

Dari jumlah dosis yang disuntikkan, China memimpin perolehan suntikan vaksin corona terbanyak di dunia dengan 1,6 miliar dosis telah diberikan. Angka ini diikuti India dengan 451 juta dosis dan Amerika Serikat (AS) dengan 343 juta dosis.

Program vaksinasi sendiri sudah mulai dilakukan oleh negara-negara berpenghasilan rendah. Mereka mulai melakukan vaksinasi dengan vaksin yang didapatkan dari skema COVAX GAVI yang juga didukung WHO.

Meski begitu, perbandingan vaksinasi antara negara berpenghasilan rendah dan negara maju masih terlalu jauh. Saat ini, negara maju telah memberikan rata-rata 97 dosis per 100 penduduk dibandingkan dengan hanya 1,6 dosis di negara-negara berpenghasilan rendah. Untuk rata-rata dunia, setidaknya terjadi 52 suntikan penuh per 100 penduduk.

Selain itu, tercatat masih ada tiga negara yang diketahui belum memulai program vaksinasinya adalah Burundi, Eritrea, dan Korea Utara.

Di Indonesia sendiri, vaksinasi Covid-19 juga terus berjalan. Menurut Our World In Data, RI telah menyuntikkan 64 juta lebih dosis vaksin Covid-19. Dari jumlah itu, sekitar 19 juta penduduk telah mendapatkan dosis penuh vaksin. Angka ini berarti Indonesia masih berada di kisaran 23,7 dosis penuh vaksin per 100 penduduk.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ambisi Jokowi: Suntik 1 Juta Vaksin Covid-19 Per Hari di Juni


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading