Vaksinasi Covid-19

Mengapa Nakes Harus Segera Disuntikkan Vaksin Dosis Ketiga?

Tech - Khairun Alfi Syahri MJ, CNBC Indonesia
29 July 2021 13:15
Suasana penyuntikkan vaksin booster untuk nakes di RSCM.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah memulai proses vaksinasi tahap ketiga untuk para tenaga kesehatan (nakes). Hal itu dilakukan untuk melindungi para nakes seiring tingginya intensitas penyebaran virus corona varian delta. Apalagi nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 sehingga memiliki risiko tertinggi untuk tertular.

Menurut Vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe, setelah enam bulan vaksinasi, kadar antibodi akan menurun. Oleh karena itu, perlu diberikan lagi vaksin booster kepada nakes, khususnya untuk menghadapi varian baru. Vaksinasi dosis ketiga ini menggunakan vaksin m-RNA atau Moderna yang berasal dari Amerika Serikat (AS).



"Vaksinasi ketiga boleh menggunakan jenis vaksin yang sama dengan sebelumnya atau menggunakan vaksin m-RNA yaitu Moderna," ujar dr. Dirga yang dikutip di akun Twitter milik pribadinya @dirgarambe pada, Kamis (29/07/2021).

"Walaupun belum ada penelitian yang spesifik tentang penggunaan vaksin inactivated yang dilanjutkan dengan vaksin m-RNA, namun secara imunologi aman dan beberapa negara telah melakukannya," lanjutnya

Vaksin m-RNA seperti Moderna ini diketahui efektif terhadap virus corona varian delta. Efek samping vaksin Moderna serupa dengan vaksin Covid-19 lainnya serta terdapat risiko yang sangat rendah untuk miokarditis.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading