Kolaborasi Strategis Grab & Emtek, Begini Rinciannya

Tech - yun, CNBC Indonesia
26 July 2021 17:50
Peresmian Kerja Sama Strategis Grab dan Emtek Berdayakan UMKM di Ekosistem Digital” secara virtual di Jakarta, Senin (26/7/2021). (Dok: tangkapan layar Garb)

Jakarta, CNBC Indonesia - Grab dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) resmi bekerjasama menghadirkan solusi digital guna mempercepat ekonomi di Indonesia.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menegaskan, Emtek dan Grab mempunyai portofolio yang saling melengkapi. Hal ini bisa untuk mencapai tujuan, inklusi, dan menjangkau seluruh masyarakat di Indonesia.

"Dengan semangat ini, Grab dan Emtek berkolaborasi untuk transformasi digital. Pandemi setahun ini menjadi masa sulit. UMKM berkontribusi 60% pada PDB negara. Dan hanya 20% yang sudah masuk ke ekosistem digital.


"Sebagai tahap awal, akan hadirkan digitalisasi di kota-kota sampai kabupaten melalui inisiatif bersama," tegasnya.

Melalui Festival kota Mapan, akan ada lebih dari 1.000 UMKM yang terlibat. Festival ini untuk pertama kalinya akan diadakan di Kota Solo dan selanjutnya akan menjangkau lebih banyak kota lainnya.

Pada kesempatan yang sama Managing Director, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group), Sutanto Hartono mengatakan komitmen ini diharapkan mendorong digitalisasi UMKM yang baik, serta bagaimana memanfaatkan ekositem platform yang dimiliki Emtek grup.

"Apabila UMKM mampu beradaptasi, diharapkan pandmi bisa mampu menjalankan dan mengembangkan usaha," tuturnya.

Dalam peresmian tersebut, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan juga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Republik Indonesia, Teten Masduki.

Teten mengatakan, kerjasama ini akan mampu menyelesaikan dan mengkombinasikan kekuatan ekonomi digital Grab dan Grup Emtek. "Yang saya yakini bisa akselerasi transformasi digital pelaku UMKM sesuai target 30 juta UMKM akan hadir pada 2024," tegasnya.

Menurut dia, aspek transformasi digital yang dimaksud tidak sebatas menghadirkan pelaku usaha. Aspek literasi digital kapasitas, aspek pasar, merupakan hal yang krusial. Poin tersebut, lanjutnya, telah menjadi perhatian Grab dan Emtek melalui kolaborasi ini.

"Melalui momen ini, saya berharap kerjasama melahirkan ide dan inovasi brilian. Baik dalam aktivasi berdampak langsung dan menjadi lokomotif," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading