Elon Musk Izinkan Lagi Beli Tesla Pakai Bitcoin, Kapan?

Tech - roy, CNBC Indonesia
22 July 2021 14:55
Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin/Aristya rahadian Foto: Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin

Jakarta, CNBC Indonesia - Tesla Inc kemungkinan besar akan memulai lagi menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran pembeli mobil listrik setelah melakukan uji tuntas pada jumlah energi terbarukan yang digunakan untuk menambang uang kripto populer itu.

Hal ini disampaikan CEO Tesla Elon Musk dalam konferensi "B World". Pada Mei lalu Tesla menghentikan pembelian Tesla dengan Bitcoin karena tingginya konsumsi energi fosil untuk menambang Bitcoin.

"Saya ingin sedikit lagi uji tuntas untuk mengkonfirmasi persentase penggunaan energi terbarukan, kemungkinan besar sudah mencapai atau di atas 50% dan ada kecenderungan untuk meningkat, jadi jika demikian Tesla akan kembali menerima Bitcoin," ujar Elon Musk seperti dikutip dari Reuters, Kamis (22/7/2021).


"Kemungkinan besar jawabannya adalah Tesla akan kembali menerima Bitcoin.

Penggunaan Bitcoin untuk membeli Tesla telah mencoreng reputasi Elon Musk sebagai figur yang mendorong energi terbarukan atau green energi atau energi tanpa bahan bakar fosil.

Bitcoin memang mendapat kritik keras karena konsumsi listrik dan energi fosil yang sangat besar. Menurut analisis University of Cambridge konsumsi energi listrik Bitcoin dalam setahun mengalahkan konsumsi negara Argentina.

"Misi Tesla adalah mempercepat penggunaan energi berkelanjutan. Kami tidak bisa menjadi perusahaan yang menjalankan itu dengan konsumsi energi Bitcoin saat ini," terang Elon Musk. "Tetapi sekarang Bitcoin sepertinya semakin banyak beralih ke energi terbarukan."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading