Ini Cara Cepat Menghapus Riwayat Pencarian Kamu di Google

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 July 2021 15:20
FILE PHOTO: Silhouettes of laptop and mobile device users are seen next to a screen projection of Google logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Google memiliki opsi menghapus riwayat pencarian dalam layanannya. Salah satunya dapat menghapus langsung di My Activity.

Sebagai informasi, setelah pengguna melakukan aktivitas di layanan Google, maka history akan disimpan masuk ke akun. Tujuannya untuk memberikan pengalaman personalisasi dalam seluruh layanan Google.

Untuk menghapusnya, pengguna pun bisa melakukannya secara manual kapan saja di Aktivitas Saya atau My Activity.


Di sisi lain, bagi pengguna yang berbagi perangkat mungkin ada keinginan untuk orang lain tidak bisa masuk ke My Activity dan melihat ke history pencarian. Saat ini Google menghadirkan tools baru agar riwayat pencarian bisa terlindungi di akun masing-masing.

Google dalam unggahan di Blog resminya menyebutkan dengan pengaturan baru, seseorang harus memberikan informasi tambahan untuk bisa mengakses history. Yakni seperti password atau two-factor authentication sebelum riwayat lengkap bisa dilihat, dikutip Senin (19/7/2021).

Dengan pengaturan baru ini, pengguna saat ini memiliki kontrol penuh untuk menyimpan atau tidak riwayat pencarian.

Melalui auto-delete controls, ada opsi untuk otomatis dan terus menghapus history pencarian. Ini bersama dengan Web&App Activity dari akun setelah tiga, 18 atau 36 bulan.

Namun pengguna memiliki opsi untuk memperbarui settings yang ada sesuai dengan keinginan masing-masing.

Sebagai catatan, opsi hapus otomatis bagi akun baru adalah 18 bulan. Namun pengguna selalu bisa memperbarui nya di dalam pengaturan jika menginginkannya.

Selain itu juga ada cara melakukan hapus cepat pada 15 menit pencarian yang disimpan. Fitur telah tersedia untuk aplikasi Google pada iOS dan segera akhir tahun ini akan meluncur untuk Android.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading