"Buang" Uang Kertas, Turis Asing Bisa Pakai Yuan Digital

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 July 2021 11:10
People walk past the headquarters of the People's Bank of China (PBOC), the central bank, in Beijing, China September 28, 2018. REUTERS/Jason Lee

Jakarta, CNBC Indonesia - Penggunaan mata uang digital China, Yuan Digital makin diperluas. Orang asing yang sedang bepergian di negara itu akan bisa menggunakannya tanpa harus memiliki rekening bank lokal.

Hal ini disampaikan oleh bank sentral setempat dalam sebuah makalah yang terbit Jumat (16/7/2021). Namun belum ada kepastian kapan fitur tanpa bank lokal itu tersebut akan tersedia.

"Penduduk siang yang bepergian sementara di China bisa membuka dompet e-CNY untuk memenuhi kebutuhan pembayaran harian tanpa membuka rekening bank domestik," kata People's Bank of China (PBoC), dikutip CNBC Internasional, Senin (19/7/2021).


Kebijakan ini berkembang dari praktik pembayaran yang sudah ada sebelumnya. Sebagai informasi, pembayaran melalui mobile memang telah berkembang pesat di China dan para pedagang sering memilih tidak menggunakan uang tunai untuk cara pembayaran serta kartu kredit tidak begitu berjalan seperti di Amerika Serikat.

Selain itu dua aplikasi pembayaran utama yang dioperasikan Tencent dan Alibaba membutuhkan rekening bank domestik. Dengan cara tersebut cukup menyulitkan wisatawan asing untuk menggunakan aplikasi.

Pihak CNBC Internasional melaporkan seorang wartawan asing sudah bisa mengakses Yuan Digital lewat rekening bank domestik.

PBOC mengembangkan Yuan dalam versi digital atau e-CNY sejak 2014 lalu. Bank sentral mengungkapkan jika sistem uang digitalnya itu 'mengumpulkan lebih sedikit informasi transaksi daripada pembayaran elektronik tradisional'.

Selain itu, secara internal PBOC menyimpan informasi mengenai Yuan Digital terpisah dari departemen lain.

Dalam makalah tersebut disebutkan akhir Juni lalu atau satu tahun pengujian e-CNY di seluruh negeri telah ada 20,87 juta dompet pribadi. Selain itu dilaporkan juga 3,51 juta dompet perusahaan dibuka dengan transaksi sekitar 34,5 miliar yuan.

Dengan kebijakan baru ini membuat orang asing di China dapat ikut mencicipi penggunaan Yuan Digital. Sebab saat uji coba mereka tidak bisa ikut berpartisipasi.

Saat pengujian atau tes lain yang diselenggarakan negara, hanya penduduk asli yang bisa mengikuti. Mereka berada di China daratan, Hong Kong atau Makau.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading